Cathay Pacific Resmi Caplok Maskapai Penerbangan Murah

Kompas.com - 26/03/2019, 13:35 WIB
Maskapai penerbangan Cathay Pacific.AFP Maskapai penerbangan Cathay Pacific.

HONG KONG, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Cathay Pacific resmi mengakuisisi satu-satunya maskapai penerbangan berbiaya rendah Hong Kong, yakni HK Express. Hal ini dikabarkan oleh sumber-sumber yang terkait dengan aksi korporasi tersebut.

Dikutip dari South China Morning Post, Selasa (26/3/2019), maskapai terbesar Hong Kong tersebut akan memberikan pengumuman resmi pada hari ini. Namun demikian, sumber tersebut tidak menjelaskan lebih rinci mengenai kesepakatan akuisisi yang dicapai kedua maskapai, termasuk nilai akuisisi.

Dengan akuisisi HK Express, maka Cathay Pacific dapat lebih mudah menghadapi persaingan dengan rival-rivalnya, termasuk maskapai penerbangan murah. Selain itu, Cathay Pacific bisa melayani para penumpang yang sangat memerhatikan harga tiket, pangsa pasar yang selama ini belum digarap maskapai itu.

Baca juga: Cathay Pacific Bakal Caplok Maskapai Penerbangan Murah, untuk Apa?

Tiga pekan lalu, Cathay Pacific mengonfirmasi tengah terlibat dalam diskusi untuk mengakuisis HK Express dari konglomerasi China HNA Group. Permasalahan keuangan induk perusahaan telah merambah ke Hong Kong Airlines, 'saudara' HK Express, yang tidak dipertimbangkan dalam aksi korporasi tersebut.

Kedua maskapai tidak memberikan informasi terkait progres aksi korporasi sejak diumumkan pada 5 Maret 2019 lalu. Mereka menyatakan diskusi terus berlangsung.

Baca juga: Dua Tahun Rugi, Akhirnya Cathay Pacific Catat Laba Bersih

Konfirmasi akusisi ini dapat memberikan kesimpulan bahwa Cathay Pacific secara resmi masuk ke bisnis penerbangan murah. Penerbangan pun akan dilayani dengan armada pesawat yang dirancang khusus untuk penerbangan berbiaya rendah tanpa harus menganibalisasi penerbangan full service.

Aksi korporasi ini pun merupakan yang pertama bagi Cathay Pacific sejak mencaplok Dragonair pada tahun 2006, yang kemudian bernama Cathay Dragon.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X