Tak Disiplin Atur Keuangan, Apa Jadinya Jika Anda Gajian Lebih Awal?

Kompas.com - 03/04/2019, 08:00 WIB
ilustrasi gajiThinkstockphotos.com ilustrasi gaji

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah menjadi kebiasaan atau lumrah gaji dibayar perusahaan kepada pegawai di akhir bulan.

Namun, apa jadinya jika Anda lebih awal memperoleh gaji atau pendapatan? Apakah Anda sudah siap?

Perencana keuangan Imelda Tarigan mengatakan, pada dasarnya tidak ada dampak dan pengaruhnya pada seseorang jika mendapatkan gaji lebih awal. Ini khusus bagi mereka yang disiplin mengatur keuangan.

Namun, ini tak berlaku bagi mereka yang tak disiplin mengatur keuangan.

Baca juga: Ini Pentingnya Membicarakan soal Gaji dengan Rekan Kerja

"Kalau memang orangnya 'angin-anginan', kalau terima duit terus enggak ada perencanaan, terus hajar (gunakan), itu lebih lambat atau cepat, tetap sama saja. Habis juga," kata Imelda kepada Kompas.com, Selasa (2/4/2019).

Menurut dia, pada prinsipnya mengelola keuangan harus disiplin. Sebab, seseorang yang punya perencanaan yang baik dapat menggunakan uangnya dengan bijak serta sesuai kebutuhan.

"Jadi begitu terima uang, sudah punya planning, misalnya 10 persen untuk ibadah sosial. Itu kita terima lebih awal atau belakangan (gajinya), yang 10 itu tetap disisihkan duluan," ujarnya.

"Kalau orangnya selebor, enggak pernah ngatur duit, mau gajian lebih awal dan belakang, tetap habis," tambahnya.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Naik Gaji

Dia menjelaskan, mendapat gaji lebih awal dari tanggal normal, sangat rentan bagi mereka yang tidak punya kedisiplinan mengatur keuangan. Gaji tersebut akan tetap habis dan bahkan bisa lebih cepat habisnya.

Sehingga kondisi ini akan berdampak negatif pada finansial seseorang dan ujungnya kesulitan keuangan.

"Rentan kapada orang yang tidak punya pengelolaan keuangan. Biasanya kecolongan. 'Duit gue masih ada, udah gajian lagi, mari kita habiskan,' begitu jadinya," sebutnya.

Ia menekankan, kunci sebuah keberhasilan mengatur keuangan lebih pada sifat seseorang dan bukan pada seberapa banyak uangnya. Artinya, dibutuhkan pola pikir atau mindset yang baik untuk urusan ini.

Baca juga: Tak Bisa Menabung Gara-gara Gaji Kecil? Pahami Faktor Utama Ini

"Itu lebih kepada mindset. Kecenderungan sekarang, ada orang-orang yang walaupun sering hangout, tapi dia bisa mengendalikan diri untuk tidak spending lebih daripada anggarannya," pungkasnya.

Anda yang belum disiplin dan kurang disiplin dalam mengatur keuangam sudah saatnya berubah. Sehingga, Anda akan sangat siap jika sewaktu-waktu memperoleh gaji lebih awal.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X