Pacu Ekspansi Kredit, BTN Gelar Akad KPR Massal

Kompas.com - 22/04/2019, 22:15 WIB
Penyerahan akad KPR massal PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk di Medan, Senin (22/4/2019).Dok. BTN Penyerahan akad KPR massal PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk di Medan, Senin (22/4/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) menggelar akad massal 8.500 unit yang digelar secara serentak di seluruh kantor cabang perseroan. Akad massal kredit pemilikan rumah (KPR) ini bernilai lebih dari Rp 1 triliun.

Direktur BTN Budi Satria mengatakan, perseroan terus terus melakukan berbagai langkah strategis agar kian ekspansif di lini KPR. Ini merupakan wujud dukungan untuk kesuksesan Program Satu Juta Rumah. 

"Sebagai agen Program Satu Juta Rumah, kami terus bersinergi dengan berbagai pihak. Kali ini, perseroan menggandeng pengembang di seluruh Indonesia untuk menggelar akad massal guna menyukseskan Program Sejuta Rumah," kata Budi dalam pernyataannya di Medan, Sumatera Utara, Senin (22/4/2019).

Baca juga: Sasar Milenial Syariah, BTN Luncurkan KPR dengan DP 1 Persen

“BTN akan terus ekspansif menyalurkan KPR sehingga akan semakin banyak masyarakat Indonesia yang memiliki rumah, sesuai dengan target Program Satu Juta Rumah. Aksi akad massal ini juga akan memacu penyaluran kredit kami sehingga tumbuh sesuai target di 2019,” jelasnya. 

Budi menuturkan, langkah perseroan memacu KPR juga dilakukan untuk menggarap penguatan pertumbuhan ekonomi yang diproyeksikan berlangsung mulai kuartal II-2019.

“Kami melihat sejalan dengan penguatan ekonomi, KPR akan berpotensi besar menjadi incaran masyarakat Indonesia. Apalagi, angka kebutuhan hunian di Indonesia masih tinggi,” tutur Budi. 

Baca juga: Selama 69 Tahun, BTN Salurkan KPR untuk 4,5 Juta Keluarga di Indonesia

Adapun, dari total akad KPR tersebut terdiri atas akad KPR Subsidi sebanyak 7.900 unit dan akad KPR Non-subsidi 600 unit baik untuk konvensional maupun syariah. 

Secara total, sejak tahun 1976 sampai dengan Maret 2019, BTN telah menyalurkan KPR kepada masyarakat Indonesia lebih dari 4,4 juta unit rumah, baik KPR Subsidi  maupun KPR Non Subsidi. 

Sementara itu, di Medan, BTN mencatatkan laju pesat pada penyaluran KPR Subsidi. Melalui Kantor Cabang Bank BTN Medan dan Pematang Siantar, BTN mencatat laju pertumbuhan KPR Subsidi di level sekitar 53,13 persen secara tahunan (yoy) atau naik dari Rp 240,49 miliar pada kuartal I/2018 menjadi Rp 368,27 miliar di periode yang sama tahun ini. 

Secara unit, penyaluran KPR Subsidi tersebut naik sekitar 44 persen yoy dari 2.132 unit pada kuartal I/2018 menjadi 3.079 unit di periode yang sama tahun berikutnya. 

 




Close Ads X