BNI Syariah Siapkan Uang Tunai Rp 1,7 Triliun untuk Lebaran 2019

Kompas.com - 17/05/2019, 21:43 WIB
Warga menukarkan uang di mobil kas keliling bank di Lapangan IRTI Monas, Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2019). Bank Indonesia dan bank umum menyelenggarakan penukaran uang baru dengan maksimal penukaran Rp3,9 juta per orang perhari mulai 13 Mei hingga 1 Juni 2019 guna membantu masyarakat mendapatkan uang pecahan selama Ramadhan dan kebutuhan Lebaran.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Warga menukarkan uang di mobil kas keliling bank di Lapangan IRTI Monas, Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2019). Bank Indonesia dan bank umum menyelenggarakan penukaran uang baru dengan maksimal penukaran Rp3,9 juta per orang perhari mulai 13 Mei hingga 1 Juni 2019 guna membantu masyarakat mendapatkan uang pecahan selama Ramadhan dan kebutuhan Lebaran.

JAKARTA, KOMPAS.com - BNI Syariah memproyeksi kebutuhan dana selama Ramadhan dan Lebaran sebesar Rp 1,7 triliun. Dari jumlah tersebut, diperkirakan kebutuhan uang baru sebesar Rp 264 miliar untuk transaksional selama libur Lebaran 2019.

Direktur Keuangan dan Operasional BNI Syariah Wahyu Avianto mengatakan, BNI Syariah menyediakan dana sebesar perkiraan yang dibutuhkan tersebut untuk menunjang kebutuhan jelang Lebaran. Termasuk penukaran uang pecahan lebih kecil.

Untuk Jabodetabek, kebutuhan uang diperkirakan mencapai Rp 370 miliar.

"Jumlah dana yang disiapkan pada Ramadhan dan Lebaran 2019 ini seluruhnya untuk kebutuhan cabang. Sebagian juga untuk kebutuhan di 4 unit Mobil Layanan Gerak (BLG) wilayah Jabodetabek," ujar Wahyu dalam keterangan tertulis, Jumat (17/5/2019).

Baca juga: Hindari Uang Palsu, BI Imbau Masyarakat Tukar Uang di Outlet Resmi

Wahyu mengatakan, kenaikan kebutuhan dana di Jabodetabek pada Ramadhan dan Lebaran 2019 disebabkan dua faktor. Pertama, semakin banyaknya kenaikan Tunjangan Hari Raya (THR) PNS dan digabung dengan gaji ke-13. S

Faktor kedua yakni kebutuhan uang kecil yang makin banyak.

BNI Syariah juga melayani penukaran uang saat Ramadhan di Mobil Layanan Gerak BNI Syariah di kawasan Monas, Jakarta. Selain di Monas, layanan penukaran uang BNI Syariah juga bisa dilakukan di Museum Kota selama 5 hari kerja pada 20-24 Mei 2019.

Penukaran uang juga bisa dilakukan di 10 titik kantor cabang atau kantor cabang pembantu BNI Syariah di Jabodetabek. Untuk penukaran uang di Monas, Museum BI, dan 10 cabang yang ada di Jabodetabek, BNI Syariah menargetkan sebanyak 100 orang melakukan penukaran uang perhari.

“Nasabah sudah bisa melakukan penukaran pada 13-29 Mei 2019,” kata Wahyu.

Untuk mengoptimalkan transaksi dan pelayanan kepada nasabah, BNI Syariah juga mengoptimalkan mobile dan e-banking untuk kebutuhan Lebaran.

Layanan digital banking ini diharapkan bisa memudahkan nasabah dalam bertransaksi kapanpun dan di manapun dalam melayani nasabah ketika bertransaksi.




Close Ads X