Jangan Telat Wawancara Kerja, Harus Tiba Berapa Menit Lebih Awal?

Kompas.com - 24/05/2019, 05:22 WIB
Ilustrasi: wawancara kerja ShutterstockIlustrasi: wawancara kerja

LONDON, KOMPAS.com - Wawancara kerja seringkali merupakan saat yang menegangkan. Banyak pertanyaan yang muncul di pikiran, seperti pakaian apa yang patut dikenakan, jam berapa harus tiba, hingga bagaimana menjawab pertanyaan sulit.

Terkait waktu yang tepat untuk hadir dalam wawancara kerja, hal ini adalah etiket yang cukup menjebak. Sebab, ada anggapan bahwa datang terlalu awal tidak bagus, namun datang terlambat juga tidak bagus.

Namun, jangan khawatir. Sebab, para ahli memberikan pandangan dan saran kepada Anda terkait waktu yang tepat untuk hadir dalam wawancara kerja.

Baca juga: 6 Sikap yang Harus Dihindari Ketika Wawancara Kerja

CEO HR Strategy Group Amy Polefrobe mengatakan, dirinya meyakini bahwa datang lebih awal 10 sampai 15 menit adalah waktu yang tepat untuk memberikan kesan yang baik bagi perusahaan.

"(Ini menunjukkan bahwa) Anda siap, Anda ingin melakukannya, dan mampu menjalankan permainan," jelas Polefrone seperti dikutip dari Cosmopolitan UK, Jumat (24/5/2019).

Akan tetapi, bila Anda datang terlampau awal, maka Anda akan memberikan kesan yang kurang baik di mata perusahaan. Pihak perusahaan akan bertanya-tanya, mengapa Anda memiliki begitu banyak waktu luang dan akhirnya mereka merasa terburu-buru.

Baca juga: Tips agar Bisa Jawab Pertanyaan saat Wawancara Kerja

"Jika Anda tiba terlalu awal, ini membuat tim pewawancara merasa gugup dan bertanya-tanya, 'Mengapa dia datang sangat cepat?' Ini pun membuat tim pewawancara merasa harus tergesa-gesa," ungkap Polefrone.

Walau begitu, jangan lupa pula bahwa Anda tidak boleh datang terlambat saat wawancara kerja. Sebab, ini membuat pihak perusahaan tidak terkesan dan menciptakan citra buruk bagi Anda sendiri.

Data Simply Hired menunjukkan bahwa 93 persen manajer perekrutan tidak mau merekrut pegawai yang terlambat datang saat wawancara kerja.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X