Dirut KAI: Kami Tak Memikirkan Pendapatan

Kompas.com - 06/09/2019, 17:03 WIB
Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERADirektur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia ( KAI) Persero yakin bisa mengangkut sekitar 450 juta penumpang sepanjang tahun ini. Angka ini lebih besar jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Tahun lalu 425 juta (penumpang), tahun ini mungkin 450 juta penumpang," kata Direktur Utama KAI Edi Sukmoro di Jakarta, Jumat (6/9/2019).

Edi mengatakan, pihaknya tidak terlalu memikirkan persoalan pendapatan, termasuk semester I 2019. Sebab, apabila jumlah angkut 2019 lebih besar daripada 2018 maka secara otomatis pendapatan bisa memenuhi target yang telah ditetapkan.

"Saya enggak hafal, menurut saya enggak penting (pendapatan), yang penting kita bisa mengangkut (penumpang lebih banyak)," ungkapnya.

Baca juga : Menhub Usulkan MRT dan KAI Punya Pembangkit Listrik Sendiri

Meskipun demikian, Edi berharap kinerja sementara I tahun ini bisa lebih baik dari tahun lalu, baik dari sisi operasional maupun keuangan. Sehingga terget-target yang telah dicanangkan sebelumnya bisa tercapai.

"Kalau kinerja seluruhnya, operasiobal sama keuangan paling tidak memenuhi apa yg kita harapkan. Kalau keuangan paling tidak sampai bulan enam ini memang keuntungan bersih dibawah laba paling bawah, itu menunjukkan lebih baik tahun lalu," tambahnya.

Sebelumnya PT KAI mencatatkan pendapatan Rp 26,86 triliun atau naik 40,37 persen secara tahunan pada 2018. Berdasarkan laporan keuangan 2018, KAI mengantongi pendapatan Rp 26,86 triliun. Artinya, realisasi ini tumbuh 40,37 persen dari Rp 19,13 triliun pada 2017.

Namun beban pokok pendapatan perusahaan BUMN ini naik lebih tinggi dibanding pendapatan. Rinciannya, terjadi kenaikan 45,36 persen dari Rp 14,51 triliun pada 2017 menjadi Rp 21,10 triliun pada 2018.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X