KILAS

Amran Apresiasi Capaian Sektor Pertanian di Jateng

Kompas.com - 29/09/2019, 20:51 WIB
Mentan saat melakukan inspeksi proses bisnis karantina di Depo Pelindo, Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Minggu (29/9/2019). 
Humas Kementerian PertanianMentan saat melakukan inspeksi proses bisnis karantina di Depo Pelindo, Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Minggu (29/9/2019).

KOMPAS.com - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengaku senang dengan capaian sektor pertanian di Jawa Tengah (Jateng) yang dinilainya baik.

Hal tersebut dikatakannya saat melakukan inspeksi proses bisnis karantina di Depo Pelindo, Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Minggu (29/9/2019).

"Saya mengapresiasi petani di sini karena produknya berkualitas dan laris di pasar ekspor. Berkat kerja keras Pak Gubernur, kami mendorong dengan kebijakan," kata Amran dalam pernyataan tertulis, Minggu (29/9/2019).

Akhir triwulan ketiga 2019, lanjut Amran, nilai barang ekspor produk pertanian di Jateng mencapai Rp 2,51 triliun.

Baca juga: Genjot Percepatan Investasi, Kementan Luncurkan Program Inovasi

Angka tersebut meningkat 19,02 persen dibandingkan periode yang sama pada 2018 yaitu Rp 2,3 triliun.

Amran menilai pembangunan pertanian di Jateng kini tidak lagi menyasar swasembada pangan, namun telah masuk tahap daulat pangan berbasis ekspor.

Ia berharap model pembangunan pertanian di Jateng dapat diterapkan di daerah lainnya, sehingga berdampak pada meningkatnya ekspor komoditas pertanian.

"Ekspor pertanian Indonesia dalam lima tahun terakhir meningkat 9 juta ton, ini capaian luar biasa," terang Amran.

Baca juga: Kementan: Jangan Palsukan Pestisida

Upaya meningkatkan ekspor

Demi mendukung hal tersebut, dirinya menyebut telah mengembangkan sertifikat elektronik atau e-cert agar produk ekspor pertanian Indonesia dapat dengan mudah sampai ke negara tujuan.

"Tidak akan ada lagi penolakan produk di saat perjalanan," ungkap Amran.

Sementara itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan komoditas ekspor kali ini merupakan hasil petani dan peternak dari berbagai wilayah, seperti Temanggung, Grobogan, Demak, Magelang, Semarang, mdan Salatiga.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X