Pengakuan Arifin Tasrif: Enggak Tahu Jadi Menteri Apa, Hanya Disuruh ke Jakarta...

Kompas.com - 23/10/2019, 15:16 WIB
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif (kiri) dan Ignasius Jonan (kanan) memberikan keterangan usai proses serah terima jabatan (Sertijab) di Ruang Sarulla, Gedung Chairul Saleh, Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (23/10/2019). KOMPAS.COM/MURTI ALI LINGGAMenteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif (kiri) dan Ignasius Jonan (kanan) memberikan keterangan usai proses serah terima jabatan (Sertijab) di Ruang Sarulla, Gedung Chairul Saleh, Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengungkapkan, ia sebelumnya tidak tahu akan dipercaya sebagai menteri apa oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kabinet Indonesia Maju.

Hal itu ia sampaikan saat pidato dalam serah terima jabatan (Sertijab) di Ruang Sarulla, Gedung Chairul Saleh, Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

"Saya menerima penunjukan ini seminggu yang lalu. Hanya diberikan kabar disuruh ke Jakarta, ke istana," ujarnya

Arifin resmi menggantikan Menteri ESDM yang lama, Ignasius Jonan yang tak lagi mendapat mandat oleh Jokowi pada periode keduanya. Arifin pun mengakui dirinya tidak tahu pos kementerian apa yang akan diberikan padanya hingga akhirnya disampaikan langsung oleh Presiden.

"Tadi pagi dikasih tahu kementerian yang ditugaskan (Kementerian ESDM)," ujarnya.

Baca juga: Arifin Tasrif Jadi Menteri ESDM, Jonan: Saya Senang Digantikan Kawan Lama

Menurutnya, ada sejumlah tantangan yang akan dihadapi Indonesia di masa depan. Apalagi terkait dampak dari defisit transaksi berjalan alias current account deficit (CAD) yang begitu kompleks. Karena itu, Arifin pun meminta kerja sama segenap pejabat di kementerian yang kini dipimpinnya.

"Mohon kerja sama semaksimal mungkin mensejahteraan bangsa Indonesia," tambahnya.

Dia juga mengakui, ada sederet pekerjaan rumah yang harus dituntaskan yang sebelumnya dikerjakan oleh Jonan. Sehingga apa yang telah direncanakan bisa terealisasi dengan baik serta berdampak positif.

Arifin menuturkan membuka ruang diskusi atau tukar pendapat seluasnya bagi pejabat Kementerian ESDM.

"Tadi saya dikasih oleh-oleh, pekerjaan rumah. Satu per satu (kita) bahasan dengan para staff di Kementerian ESDM. Jangan segan hal-hal yang perlu kita bahas bersama manfaat yang baik," jelasnya.

Baca juga: Ditunjuk Jadi Menteri ESDM, Bagaimana Kiprah Arifin Tasrif?

Disamping itu, Ignasius Jonan memberikan selamat kepada Arifin yang ditunjuk Presiden untuk menahkoda Kementerian ESDM. Ia berharap dalam kepemimpinan Arifin kedepannya dapat membawa kementerian lebih baik.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X