HSBC: Perusahaan RI Paling Optimistis di Dunia

Kompas.com - 06/11/2019, 12:45 WIB
Ilustrasi HSBC. SHUTTERSTOCK/Willy BartonIlustrasi HSBC.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan-perusahaan di Indonesia disebut memiliki pandangan yang lebih optimistis ketimbang perusahaan di kancah dunia, termasuk di wilayah Asia. Begitu kata HSBC yang mengacu pada survei bertajuk 'Navigator: Now, next and how'.

Optimisme tersebut menyangkut prospek bisnis jangka pendek, menengah, dan panjang.
Hal itu didasari oleh keyakinan bahwa sejumlah kebijakan ekonomi makro yang diambil pemerintah akan semakin memperkuat konsumsi domestik dan investasi.

"Para pebisnis di Indonesia memperlihatkan rasa optimisme yang sangat besar, dengan tingkat kepercayaan diri yang jauh lebih tinggi dibanding perusahaan-perusahaan lain di seluruh dunia, termasuk di wilayah Asia,” kata Deputi Direktur, Commercial Banking, PT Bank HSBC Indonesia Anurag Saigal dalam siaran pers, Rabu (6/11/2019).

Baca juga: Chatib Basri Beberkan Kunci Ekonomi RI Tetap Tumbuh di Atas 5 Persen

HSBC menyebutkan, sebanyak 9 dari 10 perusahaan Indonesia (90 persen) optimistis tentang pertumbuhan dibanding dengan setahun lalu.

Anurag menyebutkan, optimisme perusahaan di Indonesia itu berada di atas rata-rata negara di Asia Pasifik. Namun, tidak disebutkan data perbandingan rata-rata optimisme negara Asia-Pasifik atau secara global.

HSBC hanya menyebutkan bahwa negara dengan tingkat optimisme terdekat dengan Indonesia adalah Bangladesh dengan 74 persen dan India dengan 72 persen.

“Responden dari negara kepulauan memiliki prospek positif untuk tahun depan, juga untuk lima tahun ke depan. Mereka juga lebih optimistis tentang pertumbuhan mereka dalam 12 bulan terakhir, level yang jauh di atas rata-rata global,” tambah Anurag.

Baca juga: Terungkap, Alasan Jack Ma Pensiun dari Alibaba Group di Usia 55 Tahun

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X