Kompas.com - 11/11/2019, 17:00 WIB
Rangkaian kereta api Indonesia. PT KAI meluncurkan 4 kereta baru yaitu KA Anjasmoro Ekspress, Dharmawangsa Ekspress, Argo Cirebon, dan Sancaka Utara. SHUTTERSTOCKRangkaian kereta api Indonesia. PT KAI meluncurkan 4 kereta baru yaitu KA Anjasmoro Ekspress, Dharmawangsa Ekspress, Argo Cirebon, dan Sancaka Utara.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bakal melakukan peremajaan kereta untuk kenyamanan pengguna.

"Ada 672 kereta di seluruh Indonesia yang sudah berumur 30 tahun lebih. Ini akan kita ganti dengan kereta-kereta baru untuk memberikan pelayanan lebih baik," ucap Direktur Utama KAI Edi Sukmoro pada acara Investor Gathering di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Senin (11/11/2019).

Edi mengatakan saat ini sudah ada 300 kereta yang didatangkan dari PT INKA (Persero) dari total 672 kereta.

"Kita selalu komunikasi untuk pengadaannya dengan PT INKA karena itu produksi kita sendiri. Tahap selanjutnya juga akan dengan PT INKA," ucapnya

Baca juga: KAI Terbitkan Obligasi Rp 2 Triliun untuk Kembangkan Bisnis

Untuk saat ini, KAI memfokuskan pelayanannya untuk mengangkut penumpang.

Sementara itu kereta yang sudah berusia 30 tahun lebih nantinya akan di-scrap alias dipotong dan dilebur ataupun dipergunakan untuk kereta jarak dekat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Direktur Keuangan KAI Didiek Hartyanto dalam kesempatan yang sama mengungkapkan, peremajaan kereta dilakukan perseroan agar dapat menghadirkan moda transportasi kereta yang bagus dan nyaman bagi penumpang.

"Ke depan itu kami inginnya itu, kereta yang bagus-bagus yang nyaman," ucap Direktur Keuangan KAI Didiek Hartantyo dalam kesempatan yang sama.

Didiek kemudian menjelaskan bahwa pertumbuhan penumpang pengguna KAI saat ini paling besar terjadi di kelas Eksekutif.

Melihat pertumbuhan pengguna kelas Eksekutif, KAI kemudian mulai mengenalkan kelas Luxury atau sleeper. Karena menurut Didiek, ada kenaikan daya beli pengguna KAI.

"Sampai dengan September, pertumbuhan kelas Eksekutif itu 40 persen," kata Didiek.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.