Mau Tahu Kandidat Bohong dan Jujur Saat Wawancara? Ajukan Pertanyaan Ini

Kompas.com - 13/12/2019, 08:33 WIB
Ilustrasi wawancara kerja. SHUTTERSTOCKIlustrasi wawancara kerja.

NEW YORK, KOMPAS.com - Kejujuran mungkin merupakan kebijakan yang terbaik. Namun, bagaimana dengan orang yang tengah diwawancara?

Menurut psikolog sosial dan penulis The Best Place to Work, Ron Friedman, sebanyak 81 persen orang berbohong selama wawancara kerja.

Itulah kemungkinan mengapa CEO SpaceX dan Tesla Elon Musk mengajukan satu pertanyaan wawancara sederhana. Pertanyaan sederhana ini untuk menangkap kandidat tersebut berbohong atau malah sebaliknya.

Pertanyaannya adalah, "Apa masalah paling sulit yang Anda hadapi dan bagaimana Anda menyelesaikannya?"

Baca juga: Ditanya soal Gaji Saat Wawancara Kerja, Begini Jawabnya

Musk mengatakan, pertanyaan itu sangat penting untuk mengungkapkan peran seorang pemohon dalam sebuah proyek atau perusahaan.

Dari pertanyaan ini, Musk dapat mengetahui apakah pemohon benar-benar orang yang mengambil andil dan menemukan solusi atau sebaliknya.

"Orang-orang yang benar-benar menyelesaikan masalah, mereka tahu persis bagaimana mereka menyelesaikannya. Mereka tahu detail kecilnya," kata Elon Musk seperti dikutip dari CNBC, Jumat (13/12/2019).

Dengan mengajukan pertanyaan itu, para kandidat akan menjawab pada beberapa tingkatan. Bila benar melakukannya, kandidat dapat berbicara secara mendalam tentang perjuangan yang mereka hadapi dan strategi yang mereka gunakan.

Baca juga: Ini 3 Kesalahan Utama yang Bisa Bikin Anda Gagal dalam Wawancara Kerja

Sebaliknya, mereka yang berpura-pura bahwa mereka adalah pemecah masalah akan sulit menjawab secara detail. Mungkin tetap bisa naik satu tingkat tapi kemudian mereka akan terjebak sendiri.

"Ketika kandidat tidak dapat berbicara panjang lebar, manajer perekrutan tahu mereka tidak benar-benar orang yang mengerjakan tantangan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X