Kementerian Keuangan Sebut Kasus Jiwasraya Tak Berdampak Sistemik

Kompas.com - 15/01/2020, 14:46 WIB
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Keuangan Hadiyanto di Jakarta, Rabu (15/1/2020). KOMPAS.com/Rully R. RamliSekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Keuangan Hadiyanto di Jakarta, Rabu (15/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Keuangan ( Kemenkeu) menyatakan kasus PT Asuransi Jiwasraya (Persero) tidak akan berdampak sistemik. Pasalnya, kasus ini sudah mendapatkan penanganan khusus.

Sekretaris Jenderal Kemenkeu Hadiyanto menjelaskan, dampak sistemik merupakan efek yang dirasakan hingga ke sistem suatu jaringan akibat suatu kesalahan atau peristiwa yang bersifat masif.

Sementara itu, Kejaksaan Agung sebagai pihak yang menangani kasus Jiwasraya dinilai berhasil mencegah terjadinya dampak sistemik tersebut.

Baca juga: 4 Solusi Kementerian BUMN Bantu Penyelesaian Kasus Jiwasraya

Hal ini dilakukan dengan melakukan pengusutan tanpa adanya tindakan yang mengaitkan dengan perusahaan atau lembaga asuransi lain.

"Kalau melihat penanganan Jiwasraya ini, dapat dilokalisir sebagai satu case dalam penangan investasinya Jiwasraya," ujar Hadiyanto di Jakarta, Rabu (15/1/2020).

Kendati demikian, untuk memastikan apakah Jiwasraya memiliki dampak sistemik atau tidak, Hadiyanto menilai perlu untuk menunggu hasil putusan dari Kejaksaan Agung.

"Untuk bisa memastikan mana-mana yang terkait dengan kegiatan pengelolaan atau pengurusan Jiwasraya," ujarnya.

Baca juga: Perbedaan Saham BP Jamsostek dengan Asabri dan Jiwasraya

Sebagai informasi, Ketua BPK Agung Firman Sampurna sempat mengatakan skala kasus Jiwasraya sangat besar dan bersifat sistemik.

Sehingga, setiap pihak perlu berhati-hati dalam mengambil kebijakan

" Kasus Jiwasraya ini cukup besar skalanya, bahkan saya katakan gigantik sehingga memiliki risiko sistemik," kata Agung.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X