Miliarder Dunia Terus Bertambah, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 16/02/2020, 11:12 WIB
Ilustrasi dollar AS Thinkstock.comIlustrasi dollar AS

NEW YORK, KOMPAS.com - Jumlah orang yang masuk dalam kategori miliarder dunia meningkat taham di 2019.

Dikutip dari CNBC, berdasarkan laporan yang dirilis oleh perusahaat riset Wealth X mencatakan jumlah orang dengan kekayaan di antara 5 juta dollar AS (Rp 70 miliar) hingga 30 juta dollar AS (Rp 420 miliar) meningkat menjadi 2,67 juta orang tahun 2019. Angka tersebut tumbuh 10 persen dari jumlah tahun lalu.

Sebagai perbandingan jumlah orang kaya dengan nilai kekayaan di kisaran tersebut di atas meningkat 2,39 juta orang di tahun 2018. Jika dibandingkan dengan jumlah tahun sebelumnya yang sebanyak 2,35 juta orang, angka tersebut hanya naik 1 persen.

Baca juga: Bill Gates hingga Mark Zuckerberg, Apa Jurusan Kuliah Para Miliarder?

Lonjakan jumlah orang kaya tersebut diakibatkan ada peningkatan nilai di beberapa kelas aset pada 2019.

Misalnya saja, pasar saham Amerika Serikat cenderung bergerak menguat sepanjang 2019. Indeks saham S&P 500 menguat 28,9 persen sepanjang 2019, Nasdaq 35,2 persen dan Dow Jones 22,3 persen.

Harga saham-saham yang mengalami penguatan tersebut diakibatkan oleh bank-bank sentral di dunia hampir seluruhnya tengah fokus dengan kebijakan stimulus moneter. Beberapa bank sentral utama di dunia memutuskan untuk memangkas suku bunga mereka agar mendorong perekonomian.

Adapun Amerika Serikat menjadi rumah bagi mayoritas orang dengan nilai kekayaan di kisaran 50 juta hingga 30 juta dollar AS jika dibandingkan dengan negara-negara lain.

Setidaknya terdapat 969.075 orang yang masuk dalam kategori sangat kaya di Amerika Serikat pada 2019. Angka tersebut meningkat 15,9 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Baca juga: Mengenal Porang, Tanaman yang Bikin Banyak Petani Jadi Miliarder

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber CNBC
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X