Bursa AS Anjlok Dilanda Kekhawatiran Virus Corona

Kompas.com - 28/02/2020, 08:33 WIB
Bursa saham New York atau New York Stock Exchange Thinkstockphotos.comBursa saham New York atau New York Stock Exchange

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga saham di bursa saham AS Wall Street kembali berguguran pada perdagangan Kamis (27/2/2020) waktu setempat.

Seperti dikutip dari CNBC, Jumat (28/2/2020), hal tersebut terjadi lantaran investor khawatir birus corona akan menyebar ke AS.

Peringatan para analis serta perusahaan mengenai pertumbuhan yang lebih lambat membuat sebagian besar saham utama terkoreksi.

Baca juga: Ekspor Indonesia ke AS Berpotensi Turun 2,5 Persen, Mengapa?

Indeks Dow Jones Industrial Average merosot 1.190 poin atau 4,4 persen menjadi 25.766,64 poin. Sementara indeks S&P 500 terkoreksi 4,4 persen menjadi 2.978,76 poin sementara indeks Nasdaq Composite tergelincir hingga 4,6 persen ke 8.566,48 poin.

Pergerakan harga saham pada indeks Dow Jones merupakan yang terburuk sehak Februari 2018 sementara Nasdaq dan S&P 500 mencatatkan kinerja terburuknya sejak Agustus 2011 lalu.

Merosotnya Dow Jones pada penutupan hingga 1.190 poin merupakan yang terparah sepanjang sejarah, melewati rekor Senin lalu yang sebesar 1.031 poin. Sementara S&P 500 pun ditutup di bawah level 3.000 untuk pertama kalinya sejak Oktober.

"Kami benar-benar berhati-hati dalam jangka pendek ini," ujar Global Investment Strategist di Ascent Private Capital Management Tom Hainlin.

Baca juga: Dalam Dua Hari, Indeks Saham AS Anjlok Gara-gara Corona

"Tidak ada seorang pun yang merupakan ahli dalam menangani virus corona. Kami belum pernah melihat hal seperti ini dalam seumur hidup kami berinvestasi," lanjut dia.

Bergugurannya saham-saham di perdagangan Kamis ini menempatkan Dow Jones, S&P 500 dan Nasdaq di wilayah koreksi.

Artinya, ketiga indeks acuan tersebut telah turun lebih dari 100 persen dari titik tertingginya. Dow Jones hanya membutuhkan 10 sesi perdagangan untuk membuatnya jatuh dari titik tertinggi.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber CNBC
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X