Virus Corona, PDB Negara Berkembang di Asia Bisa Tergerus hingga Rp 588 Triliun

Kompas.com - 06/03/2020, 18:37 WIB
Ilustrasi virus corona di Eropa ShutterstockIlustrasi virus corona di Eropa

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Pembanguna Asia (ADB) menyatakan, isu virus corona yang masih berlanjut akan berdampak signifikan terhadap perekonomian dunia, tidak terkecuali negara-negara berkembang di Asia.

Hal itu karena dampak virus corona yang mempengaruhi permintaan komoditas, sektor pariwisata, hingga efek kesehatan.

"Besarnya kerugian ekonomi akan tergantung pada bagaimana wabah berkembang, yang sejauh ini masih sangat tidak pasti," ujar ADB, dikutip dari laman resminya, Jumat (6/3/2020).

ADB memproyeksikan, virus corona bisa menghilangkan 77 miliar dollar AS hingga 347 miliar dollar AS atau setara 0,1 hingga 0,4 persen produk domestik bruto (PDB) dunia.

Baca juga: Wabah Virus Corona, Maskapai Penerbangan di Dunia Berisiko Rugi Rp 1.582 Triliun

Untuk negara berkembang di Asia termasuk Indonesia, virus corona berpotensi menggerus 0,2 persen hingga 0,5 persen dari PDB atau senilai 16 miliar dollar AS hingga 42 miliar dollar AS setara Rp 224 triliun hingga Rp 588 triliun (kurs RP 14.000 per dollar AS).

Penurunan lebih dalam dirasakan oleh China, yang berpotensi kehilangan 44 hingga 237 miliar dollar AS, atau 0,3 hingga 1,7 persen PDB.

Kepala Ekonom ADB Yasuyuki Sawada mengatakan, ketidakpastian penyelesaiaan virus corona akan berdampak terhadap besaran rugi ekonomi dunia.

"Ini membutuhkan penggunaan beberapa skenario untuk memberikan gambaran yang lebih jelas tentang potensi kerugian," katanya.

Melalui analisis ini, Yuki berharap dapat mendukung pemerintah merespon sekaligus mengurangi dampak ekonomi dari wabah ini.

"ADB siap untuk memberikan dukungan lebih lanjut kepada para anggota yang sedang berkembang dalam upaya mereka untuk menanggapi dampak buruk COVID-19," ucapnya.

Baca juga: Imbas Virus Corona, Lufthansa Batalkan 7.100 Penerbangan

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X