Cerita Rahmat, Bangun Usaha dari Kamar Kos dan Pinjaman Online

Kompas.com - 09/03/2020, 10:55 WIB
Pemilik Warung Jgeer Ramadhan Saputra atau biasa dipanggil Rahmat Dokumen Ramadhan Saputra Pemilik Warung Jgeer Ramadhan Saputra atau biasa dipanggil Rahmat
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Membangun usaha bukanlah sebuah hal yang mudah, apalagi dilakukan di Jakarta. Maklum saja, persaingan usaha di Jakarta sangat ketat sebab banyak orang berlomba-lomba membangun usahanya.

Namun tantangan itu tak menciutkan Ramadhan Saputra untuk memulai usaha bakmi medan. Semua dimulai dari kamar kosannya yang hanya berukuran 2x2 meter di kawasan Jakarta Barat.

Pada 2019, ia memanfaatkan pinjaman online di salah satu aplikasi pinjaman online atau fintech untuk mendapatkan modal.

“Saya itu awal memulai usaha dari kamar kos, pendapatannya sekitar Rp 100.000 lah per hari, itupun kalau ada yang pesan saja," ujarnya kepada Kompas.com, Minggu (8/3/2020).

Baca juga: Tunjangan Kinerja PNS DJP Bisa Rp 99 Juta!

"Memang mimpi saya punya usaha bakmi medan di Jakarta, jadi setelah saya bekerja ini saya berjualan, awalnya modal cuma Rp 6 juta untuk membeli perlengkapan,” sambung pria yang kerap disapa Rahmat itu.

Sebelum menggeluti bisnis Bakmi Medan, Rahmat sudah memiliki pekerjaan. Penjualan Bakmi Medan ia lakukan setelah pulang kerja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan waktu dan modal yang pas-pasan, ia tetap bersemangat membangun bisnis Bakmi Medan.

Tekadnya Rahmat membangun usaha bakmi dimulai saat diminta memasak di acara ulang tahun anak rekan kantornya.

Tak disangka, banyak rekan kantornya yang menyukai dan kemudian memesan bakminya.

Rahmat mulai melakukan pinjaman sebesar Rp 500.000 untuk modal usahanya melalui Kredivo pada 2019. Selanjutnya ia mulai memberanikan diri untuk meminjam modal lebih besar lagi yakni Rp 1,5 juta.

Baca juga: Mengenal Jenjang Karir Bagi Seorang PNS

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X