Tekan Dampak Virus Corona, OJK Perpendek Waktu Perdagangan di Bursa

Kompas.com - 25/03/2020, 08:08 WIB
Ilustrasi IHSG KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGIlustrasi IHSG

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan ( OJK) telah meminta kepada PT Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) untuk melakukan beberapa penyesuaian jam kerja.

Ini dilakukan guna mendukung langkah pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19)

Di dalam keterangan tertulisnya, Rabu (25/3/2020), OJK meminta kepada Bursa Efek Indonesia (BEI)  agar mempersingkat jam perdagangan, baik di bursa maupun di Sistem Penyelenggara Pasar Alternatif (SPPA).

Baca juga: Perdagangan di Bursa Sempat Dihentikan, Apa Tujuannya ?

BEI juga diminta mempersingkat waktu pelaporan di Penerima Laporan Transaksi Efek (PLTE).

Secara lebih rinci, OJK memaparkan, untuk waktu perdagangan di BEI dari hari Senin hingga Jumat sesi I dilakukan pada pukul 09.00 WIB sampai dengan 11.30 WIB, adapun untuk sesi II dilakukan pada pukul 13.30 sampai dengan 15.00 WIB.

Untuk waktu perdagangan SPPA menjadi pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 15.00 WIB, dan waktu operasional PLTE menjadi jam 09.30 WIB sampai dengan jam 15.30 WIB.

"Kepada PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (PT KPEI) dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (PT KSEI) untuk melakukan penyesuaian waktu proses penyelesaian dan kegiatan operasional lain dalam hal dibutuhkan penyingkatan jam perdagangan Bursa Efek," jelas OJK dalam keterangan tertulis tersebut.

Baca juga: OJK: Meski IHSG Terpuruk, Secara Fundamental Kinerja Emiten Bagus

OJK menyatkan, jam perdagangan di SPPA dan waktu operasional PLTE serta penyesuaian waktu proses penyelesaian oleh PT KPEI dan PT KSEI tersebut berlaku sejak 30 Maret 2020 atau sejak penyesuaian jadwal kegiatan operasional dan layanan publik Bank Indonesia sampai dengan berakhirnya batas waktu yang ditetapkan kemudian.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X