Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 12 Program untuk Bantu Driver Gojek di Tengah Wabah Corona

Kompas.com - 01/04/2020, 07:37 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Co-CEO Gojek Kevin Aluwi mengatakan, pihaknya telah menyiapkan 12 program bagi para mitranya di tengah wabah Covid-19 yang melanda Indonesia.

Dua belas program tersebut mencakup tiga area utama yang paling berdampak bagi keberlangsungan hidup mitra driver Gojek, yaitu penyediaan layanan kesehatan, peringanan beban biaya harian, dan bantuan pendapatan.

“Mitra driver kami kini menghadapi banyak ketidakpastian, sehingga kami berharap upaya-upaya yang telah kami lakukan untuk membantu mereka dapat mengurangi kecemasan mereka terhadap masa depan,” ujar Kevin dalam keterangan tertulisnya, Rabu (1/4/2020).

Baca juga: Tak Ada Tagihan Listrik 3 Bulan ke Depan bagi Warga Miskin

Kevin menambahkan, penghasilan para mitranya terganggu sejak virus corona melanda Indonesia. Atas dasar itu, pihaknya berkomitmen membantu meringankan permasalahan para mitranya itu.

“Fokus kami saat ini tidak hanya menjalankan program yang sudah ada, tetapi terus menemukan berbagai cara lain untuk dapat semakin meringankan beban mereka,” kata Kevin.

Adapun ke-12 program yang telah disiapkan Gojek bagi para mitranya, sebagai berikut:

1. Penyediaan perlengkapan kesehatan bagi mitra driver. Gojek telah mendistribusikan masker, sanitizer, dan vitamin bagi mitra driver, agar mereka mendapatkan perlindungan yang memadai selama bekerja.

Baca juga: Tips Bekerja dari Rumah dengan Nyaman

2. Jaminan Asuransi Kesehatan bagi mitra driver. jaminan asuransi kesehatan untuk mitra driver tidak hanya mencakup COVID-19. Nantinya, mitra driver akan memperoleh polis asuransi yang mencakup biaya kesehatan rawat inap dan rawat jalan untuk penyakit umum selama masa pandemi COVID-19.

3. Meningkatkan kesadaran mitra untuk menaati prosedur kesehatan.

4. Program distribusi paket sembako. Gojek juga telah meluncurkan program distribusi 'sembako' bagi para mitra driver berusia di atas 60 tahun di kota-kota utama.

5. Program sembako melalui kolaborasi dengan Alfamart. Program ini berupa pemberian voucher bagi para mitra driver dan service provider untuk membeli kebutuhan pokok sehari-hari di Alfamart.

Baca juga: Organda Dukung Wacana Larangan Mudik Lebaran 2020

6. Program  sembako oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa. Program sembako ini dikelola oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa, yang akan diberikan dalam bentuk voucher.

7. Paket makanan hemat dan sehat bagi mitra driver. Mitra driver akan berkesempatan untuk membeli paket makanan hemat dan sehat di merchant UMKM GoFood.

8. Bantuan pembayaran pinjaman kendaraan.

9. Gojek telah menambah fitur-fitur baru di aplikasinya, antara lain menambah opsi pilihan agar para konsumen dapat menambah tip mitra (hingga senilai Rp100.000) yang disalurkan langsung ke e-wallet mitra.

Baca juga: Budi Karya Sumadi Acungkan Jempol untuk Dokter yang Menanganinya

10. Program bantuan pendapatan bagi mitra driver yang terkonfirmasi positif COVID-19.

11. Mitra driver yang menjadi Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) atas rujukan pemerintah juga akan mendapatkan bantuan pendapatan, yang akan disalurkan oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa.  

12. Gojek bekerja sama dengan sejumlah kementerian untuk memastikan agar para mitra driver yang memenuhi syarat dapat berpartisipasi dalam skema bantuan pemerintah, antara lain Bantuan Langsung Tunai.

Baca juga: Daftar Lengkap Bank dan Perusahaan Leasing yang Beri Kelonggaran Kredit

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com