Corona Mewabah, Masih Relevankah Menyisihkan Dana Darurat 6 Bulan?

Kompas.com - 01/04/2020, 10:31 WIB
Ilustrasi mempersiapkan dana pensiun SHUTTERSTOCK/LOVEYDAY12Ilustrasi mempersiapkan dana pensiun
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Penasehat keuangan umumnya menyarankan Anda untuk menyisihkan penghasilan 3 bulan hingga 6 bulan untuk dana darurat yang bisa digunakan untuk beragam hal, misalnya kehilangan pekerjaan.

Namun, apakah peraturan penyisihan 3-6 bulan masih berlaku saat pandemi virus corona mengancam ekonomi global dan diproyeksi akan membuat jutaan orang kehilangan pekerjaan?

Mengutip CNBC, Rabu (1/4/2020), perencana keuangan bersertifikat Carrie Schwab-Pomerantz dan Kelly Crane bisa membantu Anda untuk mencari tahu seberapa besar dana yang harus Anda miliki karena ketidakpastian virus corona ini.

Baca juga: Sensus Penduduk Online Diperpanjang! Ini Panduan Pengisian Datanya

1. Semakin tidak stabil pekerjaan, semakin banyak harus menabung

Jika Anda jauh dari kata pensiun dan saat ini memiliki pekerjaan tetap, mengumpulkan dana darurat setara dengan 3-6 bulan pengeluaran mungkin baik-baik saja.

Dengan begitu, Anda akan memiliki penyangga yang cukup besar jika Anda membutuhkannya. Tetapi dana darurat menghilangkan kesempatan Anda dalam menumbuhkan penghasilan dengan investasi.

Jika Anda memiliki dana darurat, berarti Anda menyimpannya di rekening tabungan. Tapi rekening tabungan sekalipun yang memiliki bunga tinggi tidak akan mungkin tumbuh sebanyak investasi.

Baca juga: Organda Dukung Wacana Larangan Mudik Lebaran 2020

Tapi dengan menyediakan pertahanan dana setara 3-6 bulan pengeluaran, membantu Anda mencapai keseimbangan yang baik antara memiliki cukup uang untuk bertahan hidup dan dana liquid selalu tersedia.

Lantas bagaimana pekerja dengan pendapatan tidak stabil?

Jika penghasilan Anda berfluktuasi tergantung pada komisi, upah lembur, atau faktor eksternal lainnya, idealnya Anda perlu menyiapkan dana darurat sekitar 6 bulan atau lebih.

Halaman:


Sumber CNBC
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X