Hari Kartini, Melihat Peran Perempuan Kelola Perusahan di Tengah Covid-19

Kompas.com - 21/04/2020, 17:25 WIB
Ilustrasi Manuel-F-OIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pagebluk virus corona atau Covid-19 memberikan dampak terhadap seluruh sektor perekonomian global, termasuk di Indonesia.

Tak sedikit perusahaan melakukan PHK karyawan, menutup pusat perdagangan, hotel, restoran, dan banyak lainnya.

Para pemimpin dituntut untuk berdiri di barisan terdepan dalam saat seperti ini guna menghambat kemunduran ekonomi yang lebih buruk di masa mendatang.

Baca juga: Hari Kartini, Yuk Mengenal Para Perempuan Indonesia yang Jadi Bos Bank

Di Hari Kartini, kehadiran serta peran perempuan di posisi manajemen perusahaan untuk membawa pandangan berbeda dari para pemimpin pria sangat dibutuhkan dalam kondisi sulit saat ini untuk menjaga kinerja perusahaan.

“Di masa-masa yang sulit ini, penting bagi pemimpin terutama para pemimpin wanita Indonesia untuk menggali potensi yang mereka miliki agar tidak hanya menjadi inspirasi bagi para wanita lainnya dalam memberi dampak yang luas, tetapi juga bersama-sama sekuat tenaga mengerahkan seluruh bentuk ketangkasan, empati dan kesiagaan untuk menjadi penggerak perubahan di lingkungan masing-masing untuk melewati pandemi ini dengan baik," kata Johanna Gani, Managing Partner Grant Thornton Indonesia dalam keterangan resmi,

Grant Thornton Indonesia baru-baru ini mempublikasikan laporan Women in Business dan berbagi data yang menggambarkan tingginya persentase perempuan di posisi manajemen senior, yaitu 37 persen.

Baca juga: Pesan Sri Mulyani di Hari Kartini: Sudahkah Berbuat Baik ke Sesama?

Artinya, perspektif perempuan di dunia bisnis dari seluruh dunia telah memberikan kontribusi nyata untuk pertumbuhan bisnis perusahaan.

Dalam situasi pagebluk saat ini, manajemen finansial menjadi salah satu posisi yang ikut berdiri di garda terdepan peperangan melawan dampak finansial pandemi.

Menurut laporan tersebut, posisi Chief Finance Officer (CFO) atau direktur keuangan yang diduduki perempuan di jenjang manajemen senior di Indonesia adalah 48 persen.

Tingginya angka ini setiap tahun menunjukkan peran perempuan yang signfikan dalam manajemen finansial perusahaan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X