KILAS

Tingkatkan Kinerja Pertanian dari Hulu ke Hilir, Mentan Minta Petani dan Pimpinan Daerah Manfaatkan KUR

Kompas.com - 26/04/2020, 09:57 WIB
Seorang petani tengah memanen padi pada musim panen raya di desanya. Dok RUMAH ZAKATSeorang petani tengah memanen padi pada musim panen raya di desanya.

KOMPAS.com- Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengajak para petani dan pimpinan daerah memanfaatkan layanan Kredit Usaha Rakyat ( KUR) untuk meningkatkan kinerja sektor pertanian dari hulu hingga hilir.

"Kalau ini termanfaatkan dengan baik, maka tidak perlu lagi petani ngambil pinjaman dari mana-mana yang bunganya besar-besar, kata SYL

Dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (25/4/2020), SYL mengatakan semua penerima KUR akan masuk dalam kelompok tani yang dikendalikan bersama.

Adapun alokasi KUR untuk sektor pertanian di seluruh Indonesia mencapai Rp 50 triliun.

Baca juga: Kadin DKI Apresiasi Upaya Kementan Sediakan Kebutuhan Pokok

Dana yang diperoleh melalui penyaluran KUR ini diharapkan dapat menangkal dampak pandemi Covid-19 dalam jangka pendek bagi para petani.

“Sektor pertanian tidak boleh goyah akibat Covid-19. KUR ini juga sebagai upaya agar dampaknya tidak sampai memukul perekonomian petani,” kata Mentan SYL.

Disisi lain, Direktur Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) Sarwo Edhy menambahkan, penyerapan KUR pertanian saat ini masih didominasi sektor hulu.

Oleh karena itu, selanjutnya Kementan akan mendorong pemanfaatan KUR di sektor hilir, seperti untuk pembelian alat pertanian.

"Sektor hulu selama ini dianggap lebih mudah diakses karena tidak memerlukan agunan,” ungkap Sarwo Edhy.

Baca juga: ATM Pertanian, Cara Kementan Percepat Distribusi Bantuan Pangan

Sarwo Edhy menjelaskan sebenarnya KUR dengan plafon besar pun akan mudah diakses jika digunakan untuk pembelian alat,

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X