Tetap Produktif Bekerja dari Rumah

Kompas.com - 14/05/2020, 12:55 WIB
Ilustrasi WFH. fully.comIlustrasi WFH.

Bekerja dari rumah atau sering disebut dengan Work from Home (WFH) terbukti memberikan jam kerja yang fleksibel bagi karyawan, serta pengukuran kinerja bisa dilakukan dengan mudah.

Di edisi sebelumnya, telah kita kupas alasan-alasan mengapa bekerja dari rumah dipilih sebagai suatu kebijakan perusahaan. Juga kita bahas beberapa manfaat yang bisa diterima oleh kedua belah pihak yaitu karyawan dan perusahaan, serta kita kaji juga beberapa risiko yang mungkin terjadi jika kebijakan ini diberlakukan.

Pada edisi ini kita sajikan 7 langkah mudah bagaimana kita tetap produktif walaupun bekerja dari rumah. Sekaligus, ketujuh langkah ini didesain untuk mengatasi risiko yang mungkin terjadi sebagaimana pada edisi ketiga.

Baca juga: Kerja dari Rumah, Hindari 4 Kesalahan Ini agar Produktif

Langkah pertama adalah tetapkan prioritas pekerjaan dengan kaidah penting dan genting.

Meskipun bekerja dari rumah, esensi aktifitas bekerja tidak berubah, oleh sebab itu karyawan dan atasan wajib menetapkan sekala prioritas pekerjaan yang akan diselesaikan.
Karena jika mereka gagal menetapkan prioritas bisa dipastikan pekerjaan tidak bisa diselesaikan tepat waktu dan tepat sasaran, karena sebagaimana kita bahas risiko adanya distraksi di rumah cukup besar.

Langkah kedua adalah Buat Perencanaan Kerja to-do-list yang SMART. Setelah karyawan sukses menetapkan prioritas pekerjaan dengan menggunakan kaidah Genting dan Penting, mudah untuk menetapkan to-do-list secara SMART, sehingga mereka tidak bingung tugas apa yang harus dikerjakan untuk pagi hari, siang dan sore.

Dengan demikian, karyawan akan tetap produktif dan enjoy dengan tumpukan tugas yang harus dikerjakan dari rumah.

Langkah ketiga adalah Pertahankan Jam Biasa. Tetapkan jadwal, dan patuhi itu sebagian besar waktu, buat jadwal Rutin Pagi. Langkah ketiga ini sangat penting untuk mempertahankan irama kerja yang sering terganggu oleh kondisi di rumah.

Dengan membuat jadwal rutin sebagaimana di kantor, akan memastikan karyawan tetap bersemangat dan tidak kehilangan fokus untuk menyelesaikan tugasnya dari rumah.

Langkah keempat adalah Bekerjalah saat Anda paling produktif dan Tetapkan Aturan Dasar Dengan Orang di rumah serta Pilih waktu penyelesaian yang pasti setiap hari, hal ini sangat penting karena jika kita tidak memilih wktu yang paling produktif ada kemungkinan karyawan akan kehilangan kesempatan menyelesaikan tugas dengan tepat.

Baca juga: Kerja dari Rumah Justru Bikin Lebih Produktif, Kok Bisa?

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X