Gita Wirjawan: Kebutuhan Dana Restrukturisasi Kredit Bisa Capai Rp 3.000 Triliun

Kompas.com - 19/05/2020, 09:11 WIB
Gita Wirjawan KOMPAS IMAGES/FIKRIA HIDAYAT Gita Wirjawan

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan meyakini kebutuhan dana atau jaminan untuk mendukung pelaksanaan restrukturisasi kredit akan terus bertambah seiring waktu berjalan.

Berdasarkan perhitungan yang dia lakukan, sampai saat ini sudah ada 25 persen dari total kredit perbankan atau setara sekitar Rp 1.500 triliun perlu dilakukan restrukturisasi.

"Ini dikarenakan kebijakan maupun situasi yang membatasi aktivitas ekonomi mereka," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (19/5/2020).

Baca juga: Ekonom Core: Cetak Uang Saat Likuiditas Kering Tidak Masalah

Menurut dia, angka tersebut akan terus bertambah. Permintaan dan kebutuhan restrukturisasi akan terus meningkat, khususnya berasal dari sektor UMKM.

"Permintaan oleh para debitor UMKM untuk melakukan restrukturisasi dan modal kerja akan terus meningkat dalam waktu dekat mengingat keterbatasan mobilitas dikarenakan kebijakan PSBB," tuturnya.

Oleh karenanya, pria yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) memproyeksikan, kebutuhan dana atau jaminan untuk mendukung program restrukturisasi kredit dapat mencapai 45 persen dari total kredit perbankan atau setara Rp 3.000 triliun.

"Kebutuhan dana ataupun jaminan untuk kepentingan dilakukannya restrukturisasi terhadap 40–45 persen dari seluruh pinjaman debitor di perbankan bisa mencapai Rp2.400–3.000 triliun," ujarnya.

Gita menilai, program restrukturisasi kredit menjadi penting untuk menjaga keberlangsungan perekonomian nasional di tengah pandemi Covid-19.

Pasalnya, kredit yang juga dianggap sebagai sisi pasok sangat dibutuhkan saat ini bagi banyak pelaku usaha.

"Dengan dihindarinya kelumpuhan permanen di sisi pasok atau produksi, perekonomian Indonesia berpeluang untuk lebih bisa bersaing di masa depan," ucapnya.

Baca juga: OJK: Restrukturisasi Kredit Sudah Rp 207,2 Triliun, Didominasi UMKM



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X