Simak Jadwal Operasional BI hingga 15 Juli

Kompas.com - 26/06/2020, 13:09 WIB
Bank Indonesia sebagai Bank Sentral Republik Indonesia. Sakina Rakhma Diah Setiawan/Kompas.comBank Indonesia sebagai Bank Sentral Republik Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia ( BI) memperpanjang kebijakan penyesuaian jadwal kegiatan operasional dan layanan publik menjadi 15 Juli 2020.

Sebelumnya, jadwal kegiatan operasional dan layanan publik berakhir pada 30 Juni 2020.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI, Onny Widjanarko mengatakan, perpanjangan kebijakan memerhatikan aspek kemanusiaan dan kesehatan masyarakat. Hal ini juga merupakan hasil koordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Dalam masa prakondisi kenormalan baru, kebijakan operasional BI akan mempertimbangkan upaya peningkatan kegiatan produktif secara bertahap dengan senantiasa memerhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19," kata Onny dalam siaran pers, Jumat (26/7/2020).

Baca juga: Ada Pandemi, BI Minta Pelaku UMKM Melek Digital

Untuk itu Onny mengimbau industri keuangan termasuk Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) tetap mendorong gaya hidup baru di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi atau new normal ini.

"Antara lain dengan menerapkan protokol kesehatan dan pencegahan Covid-19 baik terkait pribadi maupun dalam rangka pelaksanaan tugas," sebut Onny.

Adapun dengan diubahnya penyesuaian jadwal kegiatan operasional, maka terhitung setelah tanggal 30 Juni 2020 hingga 15 Juli 2020 tetap mengacu kepada jadwal yang ditentukan BI tertanggal 24 Maret 2020.

Berikut jadwal lengkapnya:

A. Kegiatan operasional Sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS), Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS), dan Bank Indonesia Electronic Trading Platform (BI-ETP) menjadi sebagai berikut: 

1. Penarikan Kas pukul 06.30 - 11.00 WIB
2. Transaksi nasabah dan penerimaan negara, pukul 06.30 - 15.00 WIB
3. Transaksi pemerintah, antar bank, FLI, surat berharga, dan pasar modal pukul 06.30 - 15.30 WIB
4. Cut-off warning BI-RTGS, BI-SSSS, dan BI-ETP pukul 15.30 WIB
5. Pre cut-off warning BI-RTGS dan BI-SSSS pukul 16.30 WIB
6. Cut off BI-RTGS pukul 17.00 WIB
7. Cut off BI-SSSS pukul 17.00 WIB
8. Cut off BI-ETP pukul 16.30 WIB

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X