Meningkat, Saat Ini Ada 12,14 Juta Orang Menganggur di Kawasan Eropa

Kompas.com - 03/07/2020, 07:40 WIB
Ilustrasi PHK akibat Covid-19 Shutterstock/Blue Planet StudioIlustrasi PHK akibat Covid-19

LONDON, KOMPAS.com - Tingkat pengangguran kawasan Eropa meningkat menjadi 7,4 persen pada Mei tahun 2020.

Ini seiring dengan upaya negara-negara tersebut dalam menanggulangi shock yang diakibatkan pandemi virus corona (Covid-19).

Dikutip dari CNBC, Jumat (3/7/2020) angka tersebut muncul seteah beberapa negara Eropa memutuskan untuk mula membuka perekonomian negaranya di bulan Mei, yang membuat pekerja mereka kembali bekerja.

 

Baca juga: 7 Langkah Pemerintah Tekan Jumlah Pengangguran Selama Pandemi

Namun demikian, langkah-langkah pembatasan sosial yang masih harus dilakukan dan pembatasan perjaklanan membuat proses pemulihan menjadi berjalan lambat.

Tingkat penangguran kawasan Eropa yang sebesar 7,4 persen itu adalah yang terburuk sejak November tahun lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berdasarkan data kantor statistik Eropa, dengan tingkat pengangguran itu maka setidaknya ada 12,14 juta orang menganggur di zona dengan 14 negara itu pada bulan Mei 2020.

Untuk Pengangguran muda, atau yang berusia kisaran 15 tahun hingga 24 tahun juga mengalami peningkatan, dari 15,7 persen di April menjadi 16 persen di Mei 2020.

Beberapa ekonom pun memproyeksi ke depan tingkat pengangguran kawasan Eropa bakal memburuk lantaran pemerintah mulai mengurangi stimulus kebijakan.

 

Baca juga: ILO Ramal Jumlah Pengangguran Akan Terus Bertambah di Semester II-2020

Jika dibandingkan dengan puncak krisis utang negara satu dekade yang lalu, kawasan Eropa mengalami tingkat pengangguran di atas 12 persen.

Sementara itu, pada Jumat lalu, Gubernur Bank Sentral Eropa Christine Lagarde mengatakan, kondisi saat ini mungkin menjadi pandemi terburuk yang dialami dunia, namun dirinya memberi peringatan mengenai keberadaan risiko infeksi pada gelombang kedua virus corona. 

Bank sentral setempat pun memperoyeksi kawasan Eropa bakal mengalami kontraksi pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) hingga 8,7 persen di 2020, dan mengalami rebound menjadi tumbuh positif 5,2 persen di 2021.



Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.