Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mayoritas Kreditur Indosurya Menyetujui Perdamaian?

Kompas.com - 09/07/2020, 21:20 WIB
Yoga Sukmana

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya Cipta berhasil lolos dari jeratan pailit. Dari rapat kreditur Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) Kamis (9/7/2020), hasil voting dari seluruh kreditur dimenangkan pihak yang setuju dengan rencana perdamaian dari Indosurya.

"Hasil Voting Kreditur atas rencana Perdamaian: Setuju 73,4 persen, Tidak Setuju 26,6 persen," ujar Sukisari pengurus PKPU.

Jika tidak ada aral melintang maka Jumat (10/7/2020), hasil voting ini akan disahkan oleh majelis hakim.

Baca juga: Diminta Kembalikan 50 Persen Dana Terlebih Dahulu, KSP Indosurya Siap?

Apabila disahkan, maka semua kreditur, baik yang menolak atau setuju rencana perdamaian, baik yang mendaftar ataupun tidak mendaftarkan tagihan, maka secara hukum terikat dan tunduk dalam perjanjian perdamaian yang harus mengikuti ketentuan Pasal 286 UU Kepailitan.

"Dengan demikian, suka atau tidak suka, apabila disahkan Majelis Hakim, maka skema perdamaian yang akan dijalankan," ujar Sukisari.

Sebelumnya para kreditur sudah memasukkan nilai tagihan masing-masing ke pengurus PKPU. Dalam catatan PKPU, nilai utang indosurya mencapai Rp 14 triliun, yang merupakan tagihan dari lebih 6.000 kreditur.

PKPU ini diajukan oleh nasabah karena Indosurya tak bisa lagi membayar kewajibannya. (Reporter: Annisa Fadila | Editor: Lamgiat Siringoringo)

Baca juga: Ini Cerita Susi Pudjiastuti, soal Awal Mula Tahu Ada Pencuri Ikan

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Breaking News: Mayoritas kreditur Indosurya menyetujui perdamaian

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com