Diminta Kembalikan 50 Persen Dana Terlebih Dahulu, KSP Indosurya Siap?

Kompas.com - 03/07/2020, 13:11 WIB
Nasabah Indosurya Gelar Demo di Depan PN Jakarta Pusat KOMPAS.com/Rully R. RamliNasabah Indosurya Gelar Demo di Depan PN Jakarta Pusat

JAKARTA, KOMPAS.com - Mayoritas nasabah korban gagal bayar Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya kembali menolak proposal damai yang diajukan oleh pengurus koperasi.

Dalam gelaran rapat sidang Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (2/7/2020), berbagai bentuk penolakan disampaikan oleh nasabah.

"Proposal yang kami terima ini kurang lengkap. Harus bisa dilengkapi agar kami bisa melihat keadaan yang sebenarnya kondisi keuangan Indosurya," teriak salah seorang nasabah, Kamis.

Baca juga: PN Jakarta Pusat Gelar Sidang Kasus Gagal Bayar KSP Indosurya

Para nasabah juga menolak opsi damai yang ditawarkan, sebab dalam proposal yang disampaikan pengurus KSP Indosurya hanya memperpendek tenor pengembalian dana.

Tidak sedikit nasabah yang meminta pengurus untuk memberikan jaminan terlebih dahulu, dengan pembayaran uang muka atau DP sebesar 50 persen total dana yang harus dibayarkan.

Merespon hal tersebut, anggota kuasa hukum KSP Indosurya Rizky Dwinanto mengatakan, pihaknya siap mempertimbangkan berbagai masukan yang disampaikan. Namun, pihaknya juga akan melihat kemampuan koperasi. 

"Yang akan kita sampaikan adl optimal, kalau kita menyampaikan sesuatu hal yang tidak visible tidak baik juga untuk kreditur, hanya memberikan angin surga, tapi yang kita sampaikan adalah optimal," tuturnya.

Baca juga: Nasabah KSP Indosurya Gelar Demo di Depan PN Jakarta Pusat, Ini Tuntutannya

Kendati demikian, mengenai penambahan dalam proposal penawaran perdamaian yang akan berlangsung pekan depan, dia belum bisa berkomentar banyak karena akan terlebih dahulu dibahas oleh KSP Indosurya.

"Mengenai bagaimana hari senin saya belum bisa mendahului karena ada internal internal yang harus kita diskusikan, prinsipal kami dan juga financial advisor. Setelah kita semua selesai, senin kita akan sampaikan ke para kreditur di rapat seperti ini," ucap dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X