Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyaluran Pinjaman Fintech Masih Tumbuh

Kompas.com - 09/07/2020, 20:15 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Fintech P2P Lending Investree mencatat adanya pertumbuhan pinjaman yang masih stabil meski pandemi Covid-19 masih mewabah.

Berdasarkan data internal yang dimilikinya, per Juni 2020 jumlah pinjaman yang disalurkan Investree meningkat sebesar 41 persen dibandingkan Mei 2020.

Sementara untuk jumlah pinjaman yang disalurkan oleh Investree kepada Usaha Kecil Mengah (UKM) semenjak Investree berdiri hingga sekarang sudah mencapai Rp 4,35 triliun dan angka TKB-90 Investree sejak April 2020 hingga Mei 2020 masih di atas 99 persen.

Baca juga: Lewat RUU Cipta Kerja, Pemerintah Bisa Tentukan Tarif Listrik Tanpa Persetujuan DPR

CEO & Co-Founder Investree Adrian Gunadi mengatakan melihat perkembangan Investree tersebut menunjukan masih banyaknya para borrower-nya yang masih menjalankan usahanya dengan baik serta mampu membayarkan pinjaman meskipun dalam situasi yang sulit.

Tak hanya itu, ia juga menyebut sejak Maret 2020, jumlah borrower-nya pun terus meningkat terbukti dari adanya 34 perusahaan yang telah bergabung ke ekosistem Investree. Oleh sebab itu, Adrian menegaskan pihaknya akan terus menjaga kepercayaan para lender dan borrowernya.

“Kami sadar di situasi penuh ketidakpastian ini ada banyak pelaku usaha yang kesulitan terutama dari segi arus kas. Oleh karena itu, kami fokus pada produk pinjaman dengan skema rantai pasokan (supply chain financing) seperti Invoice Financing,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Kamis (9/7/2020).

Baca juga: Kurang dari 50 Persen Startup yang Mampu Bertahan di Tengah Krisis Akibat Covid-19

Selain itu, ia juga mengatakan sampai saat ini portofolio pinjaman di Investree masih didominasi oleh Invoice Financing. Dengan skema pembiayaan rantai pasokan (supply chain financing), pinjaman Borrower bisa diajukan berdasarkan tagihan (invoice) atas pekerjaan yang sudah selesai dan sedang menunggu pembayaran oleh Payor.

Di sisi lain Adrian juga menyatakan dukungan yang diberikan Investree kepada UKM-UKM Indonesia yang bergerak di sektor-sektor yang esensial bagi penanganan Covid-19, misalnya UKM penyedia alat kesehatan dan pelindung diri.

Baca juga: Susi Pernah Borong 30 Pesawat, Sandiaga Uno: Kayak Beli Kacang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com