Para Bos 15 Bank di Indonesia Bertemu, Sepakat Revisi Rencana Bisnis

Kompas.com - 14/07/2020, 07:09 WIB
Ilustrasi bank Thinkstockphotos.comIlustrasi bank

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Heru Kristiyana mengatakan, perbankan sepakat membuat revisi rencana bisnis lebih optimistis.

Kesepakatan itu sebagai buah dari dipertemukannya para pimpinan di 15 bank besar untuk berdiskusi lebih lanjut dengan OJK pada Senin, (13/7/2020).

"Mereka sepakat untuk membuat revisi rencana bisnis lebih optimistis, artinya mereka memandang intermediasi akan lebih baik lagi pada tahun ini dan tahun depan," kata Heru dalam konferensi video, Selasa (13/7/2020).

Baca juga: Dapat Penambahan Modal, Bank Mayapada Berpeluang Naik Kelas

Heru menuturkan, perbankan memandang ada celah untuk menyalurkan kredit baru dan modal kerja kepada debitur di kuartal III 2020, setelah sektor riil mengajukan restrukturisasi sejak Maret 2020.

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kartika Wirjoatmodjo menambahkan, penyaluran kredit baru dan modal kerja di kuartal III bisa tumbuh karena adanya pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang membuat sektor riil kembali bergerak.

"Kami percaya di triwulan III dan IV perbankan mulai bisa meluncurkan kredit baru dan memberikan modal kerja kepada debitor baik UMKM maupun korporasi," papar Tiko di kesempatan yang sama.

Dia berharap, waktu penyaluran kredit dimanfaatkan dengan baik oleh perbankan, khususnya kepada sektor UMKM. Pasalnya, kredit modal kerja UMKM maksimal Rp 10 miliar telah mendapat penjaminan dari pemerintah.

"Di kuartal III, selain KUR yang menjadi program unggulan, program penjaminan UMKM ini juga menjadi unggulan pemerinah untuk meningkatkan pertumbuhan kredit. Kita juga menunggu nantinya ada penjaminan juga untuk sektor korporasi yang sedang dibahas dengan Menkeu," sebut Tiko.

Baca juga: Ini Progres Implementasi Chip di kartu ATM Bank Mandiri, BNI, BCA dan BTN

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X