Perhatikan Tips Ini agar Pembeli Kembali Lagi ke Toko Online Anda

Kompas.com - 17/07/2020, 19:12 WIB
Ilustrasi E-commerce SHUTTERSTOCKIlustrasi E-commerce

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu aspek penting untuk keberlanjutan bisnis adalah kembalinya pembeli untuk berbelanja di toko yang sama. Bila mungkin yah menjadi pelanggan tetap.

Prinsip ini tak hanya berlaku bagi penjual toko konvesional, tapi juga penjual di toko online atau e-commerce.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan para pedagang toko online untuk bisa membuat pembeli kembali ke tokonya. Tapi dasarnya adalah kualitas pelayanan.

Baca juga: Jadilah Konsumen Pintar, Ini Cara Memanfaatkan Promo di E-commerce

Fitria, salah satu penjual makanan ringan dengan merek Juara Snack membagikan pengalamannya berjualan melalui toko online. Saat ini ia memasarkan produk lewat platform e-commerce Lazada.

Penjualannya bahkan pernah mencapai rekor 4.000 order dengan volume penjualan sekitar 8.000 bungkus. Itu terjadi saat ia memanfaatkan momen Campaign Lazada Birthday Sale tahun ini yang berlangsung selama 3 hari.

Buat Kemasan yang Menarik

Fitria mengatakan, untuk bisa menarik kembali pembeli yang sama, dirinya membuat kemasan yang menarik sehingga memperkuat merek dagangannya. Barang dikirim dengan dikemas dalam dus berlogokan Juara Snack.

"Jadi ketika customer (pembeli) terima paket itu mereka senang, karena jarang seller (penjual) yang kemasannya baik. Akhirnya merek jadi ke branding, sehingga mereka berpikir kalau besok-besok belanja snack ke Juara Snack saja. Ini user experience," jelasnya dalam webinar Lazada mengenai promo dalam e-commerce, Jumat (17/7/2020).

Siapkan Kartu Ucapan

Selain itu, dirinya juga membuat kartu ucapan terima kasih dan voucer diskon kepada pembeli, yang dimasukkan dalam paket. Selain untuk mengapresiasi pembeli, hal ini juga mendorong pembeli menggunakan voucer untuk kembali berbelanja.

"Jadi ada kode voucher sendiri, ketika terima paket (ada ajakan) 'ayo silahkan belanja lagi, ini ada kode untuk diskon berapa persen'. Hal-hal seperti itu," katanya.

Dalam menjalankan bisnis di toko online hal yang juga penting adalah ulasan dan rating dari pembeli. Ini sangat mempengaruhi rating toko dan keinginan pengunjung untuk berbelanja di toko tersebut.

Baca juga: Ada Pandemi, Penjualan Makanan dan Minuman Via E-Commerce Melonjak

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X