[POPULER DI KOMPASIANA] Nestapa Kelas Online | Jurus "Pompom" PS Store | Kasus "Fetish Kain Jarik"

Kompas.com - 01/08/2020, 14:45 WIB
Ilustrasi PexelsIlustrasi

KOMPASIANA--Setelah dimulainya tahun ajaran baru 2020/2021 pada Senin (13/7/2020) menyita perhatian kita: ketimpangan pendidikan itu nyata adanya.

Apalagi ketika pembelajaran jarak jauh (PJJ) masih diterapkan hampir semua sekolah di Indonesia, terutama yang tidak berada di zona hijau.

Para siswa tidak dapat terlaksana di daerah-daerah pelosok tidak bisa melakukan kegiatan tersebut. Penyebabnya beragam, dari minim infrastruktur internet hingga kemampuan orangtua yang tidak sanggup menunjang kebutuhan anaknya.

Ternyata permasalahan ini menyadarkan kita bahwa masih ada yang hidup di bawah garis kemiskinan, ditambah lagi selama pandemi seperti sekarang ini.

Selain keprihatinan akan ketimpangan atas pemasalah pendidikan jarak jauh ini, masih ada konten menarik lainnya: dari kasus PS Store hingga konten viral "Fetish Kain Jarik".

Inilah konten menarik dan terpopuler di Kompasiana dalam sepekan:

1. Nestapa Kelas Online bagi Keluarga Marginal

Biar bagaimanapun, dalam proses belajar-mengajar, tidak hanya kuota internet yang dibutuhkan. Lebih dari itu, kehadiran guru menjadi penting.

Karena itulah Saifullah, seorang guru honorer Sekolah Menengah Pertama di seputaran Kota Langsa Aceh mau mendatangi murid-muridnya yang terkendala melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Baginya, tulis Kompasianer Muhibuddin Aifa, proses belajar harus berjalan walau dalam masa-masa pandemi, hampir setiap hari ia melakukan kunjungan rutin kerumah-rumah anak didiknya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X