6 Fakta Penting Diskon Tagihan Listrik Bagi Jutaan Pelanggan PLN

Kompas.com - 07/08/2020, 09:08 WIB
Listrik meteran CL 4 PLN Listrik meteran CL 4 PLNListrik meteran CL 4 PLN

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memutuskan untuk memberikan diskon tarif listrik pada jutaan pelanggan PT PLN (Persero) yang memenuhi kriteria penerima subsidi listrik. Diskon listrik dilakukan guna mengurangi dampak ekonomi dari wabah virus corona atau Covid-19.

Kebijakan ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan.

Seiring berjalannya waktu, kebijakan diskon tagihan listrik kemudian semakin diperluas untuk meringankan beban masyarakat. Berikut 6 fakta penting mengenai kebijakan pemberian diskon listrik gratis ini.

1. Berlaku bagi pelanggan 450 VA dan subsidi 900 VA

Listrik gratis hanya diberikan kepada pelanggan listrik golongan 450 Volt Ampere (VA), sementara pemangkasan biaya sebesar 50 persen diberikan kepada pelanggan listrik golongan subsidi 900 VA.

Baca juga: 4 Cara Akses Token Listrik Gratis untuk Agustus 2020

Kedua golongan pelanggan tersebut akan mendapatkan pemangkasan hingga pembebasan biaya listrik selama 3 bulan, yakni April, Mei, dan Juni 2020. Lalu diperpajang sampai September 2020.

Berdasarkan data yang dimiliki PT PLN (Persero) jumlah pelanggan listrik golongan 450 VA sampai dengan Desember 2019 sebesar 24 juta pelanggan. Kemudian jumlah pelanggan listrik 900 VA subsidi mencapai 7,2 juta pelanggan.

2. Diklaim via Whatsapp dan website PLN

PLN telah menyiapkan dua opsi platform bagi masyarakat untuk melakukan klaim token gratis, yakni melalui situs resmi dan WhatsApp.

Untuk klaim via website bisa dilakukan dengan masuk ke laman www.pln.co.id ( PLN online) lalu memasukan ID pelanggan atau nomor meter. Untuk via WhatsApp, pelanggan PLN tinggal mengirim pesan teks ke 08122-123-123 dan ikuti petunjuk yang diberikan.

Baca juga: Hari Ini, Token Listrik Gratis PLN Bulan Agustus Sudah Bisa Diklaim

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber kompas.com
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X