Sambut HUT RI, Pemerintah Beri Cashback Belanja Online hingga Rp 750.000

Kompas.com - 07/08/2020, 21:01 WIB
Ilustrasi belanja online (Dok. Shutterstock) Ilustrasi belanja online

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah akan memberikan stimulus kepada masyarakat yang membeli barang-barang buatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Kata Luhut, stimulus dalam rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 itu berupa pengembalian uang (cashback) maksimal Rp 750.000 per konsumen. Cashback belanja ini juga disebut program stimulus tambahan dari pemerintah dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

"Dalam rangka momen 75 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, saya sebagai bagian dari Pemerintah Indonesia merasa perlu untuk memberikan program stimulus tambahan bagi masyarakat sebagai konsumen untuk berbelanja produk dalam negeri buatan UMKM/IKM kita," tulis Luhut di akun Instagram @luhut.pandjaitan, Jumat (7/8/2020).

Baca juga: Siap-Siap, Diskon Belanja 75 Persen Bertebaran di Mal dan Marketplace

"Program ini nantinya akan memberikan potongan berupa cashback maksimal hingga Rp 750.000 per konsumen. Jadi, total stimulus bagi masyarakat yang disiapkan ini akan berjumlah sebesar Rp 7,6 triliun," lanjut Luhut.

Cara untuk mendapatkan cashback tersebut, masyarakat cukup berbelanja produk UMKM melalui platform digital yang telah dilibatkan untuk bekerja sama, disertai penggunaan transaksi non tunai.

Luhut berharap program cashback tersebut akan memberi efek besar bagi ekonomi masyarakat, termasuk meningkatkan daya beli dan menumbuhkan bisnis pelaku UMKM.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pandemi dan pelemahan ekonomi ini adalah tantangan dan ujian kita bersama, untuk itu saya rasa perlu dicari jalan keluar masalahnya bersama-sama pula sehingga peluncuran program ini akan membawa optimisme yang memberikan efek domino yang baik dalam penciptaan dan inovasi produk-produk dalam negeri," kata dia.

Baca juga: GoFood Tebar Promo, Ada Diskon 50 Persen

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.