Kasus Covid-19 Terus Melonjak, RS BUMN Masih Bisa Tampung Pasien

Kompas.com - 10/08/2020, 15:18 WIB
Ilustrasi penanganan pasien positif Covid-19 SHUTTERSTOCKIlustrasi penanganan pasien positif Covid-19

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina Bina Medika IHC atau Pertamedika IHC selaku operator grup rumah sakit BUMN memastikan, seluruh rumah sakit yang dikelolanya masih bisa menampung pasien Covid-19.

Saat ini, Pertamedika IHC telah mengelola 35 rumah sakit di seluruh Indonesia. Dari 35 rumah sakit tersebut, kapasitas tempat tidur khusus untuk pasien Covid-19 berjumlah 1.930 tempat tidur.

“Sampai saat ini fasilitas kesehatan khusus tersebut masih bisa menampung pasien-pasien yang terkonfirmasi positif,” ujar Corporate Communication Manager Pertamedika IHC, Rachmi Ken Andarini kepada Kompas.com, Senin (10/8/2020).

Baca juga: Sri Mulyani: Gaji Ke-13 PNS Dibayarkan Hari Ini

Rachmi menambahkan, saat ini di RS yang dikelola Pertamedika IHC pun tak mengalami lonjakan pasien Covid-19. Namun, dia tak merinci berapa jumlah pasien Covid-19 yang saat ini tengah dirawat di RS yang dikelola Pertamedika IHC.

“Tingkat hunian perawatan di RS yang menangani Covid-19 tidak mengalami lonjakan,” kata Rachmi.

Rachi pun memastikan, seluruh pasien yang dirawat di seluruh RS Pertamedika IHC telah ditangani secara maskimal.

“Mereka juga telah ditangani dengan baik dan mendapat perawatan secara intensif dari tenaga medis kami,” ucap dia.

Baca juga: Raden Pardede: Penurunan Ekonomi Getarkan Dunia Usaha

Berdasarkan data dari pemerintah yang masuk hingga Minggu (9/8/2020) pukul 12.00 WIB memperlihatkan ada 1.893 kasus baru Covid-19 dalam 24 jam terakhir.

Penambahan itu menyebabkan total kasus Covid-19 mencapai 125.396 orang, terhitung sejak pasien pertama terinfeksi virus corona diumumkan pada 2 Maret 2020.

Adapun penambahan jumlah tersebut didapat dari hasil pemeriksaan 21.918 spesimen dari 8.992 orang yang diambil sampelnya dalam 24 jam terakhir.

Baca juga: Ada Gratis Ongkir, Belanja Buku Gramedia Kini Cukup Tunggu di Rumah

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X