Raden Pardede: Penurunan Ekonomi Getarkan Dunia Usaha

Kompas.com - 10/08/2020, 14:13 WIB
Ilustrasi Indonesia SHUTTERSTOCKIlustrasi Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Raden Pardede mengatakan, kontraksi pertumbuhan ekonomi pada kuartal II-2020 berdampak ke dunia usaha.

"Harus kita akui, penurunan pertumbuhan ekonomi ini dan kenaikan kasus covid ini menggetarkan perasaan setiap orang, menggetarkan dunia usaha dan pelaku ekonomi,"  katanya dalam konferensi pers daring dalam Bincang Pagi Perekonomian Maju, Senin (10/8/2020).

"Terutama kita lihat menggetarkan yang punya uang dan yang lebih senior," sambungnya.

Baca juga: Ada Gratis Ongkir, Belanja Buku Gramedia Kini Cukup Tunggu di Rumah

Ia mengatakan, pandemi Covid-19 membuat banyak orang kaya tidak nyaman. Hasilnya, para konglomerat lebih memilih untuk menahan keinginan berinvestasi dan berbelanjanya selama situasi pandemi virus corona (Covid-19).

Ke depan kata dia, pemerintah mengambil langkah mengembalikan kepercayaan dengan meyakinkan masyarakat bahwa Indonesia siap memproduki vaksin Covid-19. Saat ini pemerintah sedang melakukan uji klinis tahap tiga calon vaksin Covid-19 buatan China.

Raden menilai, ekonomi suatu negara bakal sulit pulih jika tidak ada kepercayaan dari warganya.

"Dan tentu ujungnya di samping kita bisa mengendalikan Covid-19, kita juga bisa mempunyai daya tahan tubuh. Makanya strategi vaksin itu menjadi sangat penting ke depannya," kata dia.

Baca juga: Daftar Lelang Mobil Murah Sitaan Ditjen Pajak dan Bea Cukai



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X