Petani Binaan Dompet Dhuafa Panen Perdana

Kompas.com - 14/08/2020, 18:51 WIB
Ilustrasi petani SHUTTERSTOCK.com/FENLIOQIlustrasi petani

JAKARTA, KOMPAS.com - Program ketahanan pangan yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa melakukan panen perdana.

Panen perdana tersebut dilakukan serempak di lahan seluas 50 hektare, melibatkan hampir 2.000 penerima manfaat.

Panen tanaman padi tersebut adalah hasil kolaborasi Dompet Dhuafa melalui Social Trust Fund (STF) di Pondok Pesantren Alam (PPA) Al Muhtadin Sukabumi, Jawa Barat. 

Baca juga: Berkat Kurban Online, Penghimpunan Dana Kurban Dompet Dhuafa Melonjak 60 Persen

Proyek tersebut merupakan bagian dari Program Ketahanan Pangan berbasis Masyarakat Pesantren dan Petani Binaan yang dikembangkan oleh Dompet Dhuafa.

Ketua Yayasan Dompet Dhuafa Nasyith Majidi mengatakan, kerja sama tersebut mencakup luas kurang lebih 50 hektare sawah irigasi di Desa Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat, dengan sepuluh kelompok tani binaan yang setiap kelompok terdiri atas 10-20 kepala keluarga.

“Dengan hasil maksimal per hektar di kisaran 6-7 ton sekali panen dalam kurun tiga bulan, maka diperkirakan bisa produksi tiga kali atau sekitar 1.050 ton per tahunnya. Semuanya dikelola oleh para santri dan petani pemberdaya,” ujar Nasyith dalam keterangan tertulis, Jumat (14/8/2020).

Nasyith menambahkan, Dompet Dhuafa merencanakan ke depannya bakal melaksanakan program pengembangan pertanian (pangan) berbasis pesantren sekitar 1.000 hektare.

Baca juga: Dompet Dhuafa dan Tokopedia Gelar Rapid Test Massal bagi Dhuafa di 17 Provinsi

"Setelah panen padi 50 hektar di Pesantren Al Muhtadin ini selesai, insya Allah akan dilanjutkan dengan program yang sama, yaitu seluas seribu hektar di beberapa daerah,” jelas Nasyith.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X