Miliarder Baru China, dari Pengembang Perangkat Lunak hingga Mantan Guru

Kompas.com - 28/08/2020, 16:04 WIB
Ilustrasi miliarder. SHUTTERSTOCKIlustrasi miliarder.

KOMPAS.com - Pandemi corona (Covid-19) tidak menjadi halangan bagi China untuk mencetak miliarder baru. Salah satunya melalui penawaran umum perdana (IPO) yang dinilai menjadi saluran penting untuk menciptakan kekayaan baru di China.

Dilansir dari Bloomberg via Kontan.co.id, Jumat (28/8/2020), setidaknya 24 orang yang bergabung dalam klub eksekutif pada paruh pertama telah menjadi seorang miliarder, baik dari latar belakang mantan guru, akuntan serta pengembang perangkat lunak.

Aksi IPO juga mengerek kekayaan pendiri dan kepala eksekutif Anker Innovations Technology Co Steven Yang.

 

Baca juga: Dapat Keuntungan dari Saham Apple, CEO Tim Cook Resmi Jadi Miliarder

Sekarang perusahaan Yang telah bernilai 3,7 miliar dollar AS yang sebagian besar didorong peningkatan transaksi awal saham.

Dia adalah mantan karyawan Google yang menggunakan tabungan ibunya untuk mendirikan Anker pada tahun 2011. "Kami sangat senang bahwa orang-orang membeli saham kami," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Miliarder baru lainnya adalah Dai Lizhong, dari Sansure Biotech Inc. Sahamnya dimulai diperdagangkan pada hari Jumat. Dari situ, sebanyak 37 persen sahamnya di perusahaan sekarang bernilai 1,1 miliar dollar AS berdasarkan harga IPO.

Beberapa perusahaan dijadwalkan untuk debut di China pada Jumat. Sekitar 25 perusahaan berencana IPO di Shanghai dan Shenzhen dalam dua minggu ke depan.

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: China banyak mencetak miliarder baru melalui aksi IPO

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.