OJK Proyeksi Kredit Manufaktur Menggeliat di Semester II 2020

Kompas.com - 02/09/2020, 16:14 WIB
Ilustrasi KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memproyeksi penyaluran kredit ke sektor manufaktur bakal menggeliat di semester II 2020.

Penguatan diindikasikan oleh indikator Purchasing Manager Index (PMI) manufaktur RI yang mulai menguat ke level 50,8 pada Agustus 2020. Sedangkan pada Juli lalu, PMI masih tertahan di level 46,9.

Staf Ahli OJK, Kiryanto mengatakan, kenaikan mengindikasikan industri manufaktur akan menaikkan kapasitas produksi dalam 6 bulan ke depan.

Baca juga: Indeks Manufaktur Lampaui Ambang Target, Menperin Girang

Menurutnya saat ini, industri-industri itu sudah belanja bahan baku (raw material).

"Hari ini sudah belanja raw material, itulah kenapa angka PMI di atas 50 persen. Terutama di kuartal III dan IV hampir pasti akan naik," kata Kiryanto dalam konferensi video, Rabu (2/8/2020).

OJK mencatat, realisasi kredit sektor manufaktur pada Juli 2020 meningkat jadi 1,66 persen. Padahal pada Juni, realisasi penyaluran baru sekitar 1,23 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, kredit pertambangan tumbuh 11,29 persen, konstruksi 3,08 persen, pertanian tumbuh 3,31 persen, dan 1,66 persen.

Baca juga: Meski Indikator Manufaktur Membaik, Pemerintah Tetap Waspada

Berdasarkan jenisnya, kredit investasi tumbuh 5,92 persen dan kredit konsumsi tumbuh 1,45 persen. Dengan begitu, pertumbuhan kredit pada Juli 2020 mencapai 1,53 persen, meningkat dari posisi Juni sebesar 1,49 persen.

"Itu memberikan secercah harapan. Dengan semakin disiplinnya masyarakat terhadap protokol kesehatan dan dibukanya ekonomi, maka sisi demand akan mulai terungkit dengan sendirinya dan permintaan kredit ke bank akan naik," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.