Penyerapan BLT UMKM Rp 2,4 Juta Sudah Lebih dari 61 Persen, Ini Rinciannya

Kompas.com - 07/09/2020, 15:49 WIB
Ilustrasi UMKM produksi masker non medis. ShutterstockIlustrasi UMKM produksi masker non medis.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki menyatakan Bantuan Presiden (Banpres) Produktif atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp 2,4 juta, penyerapannya sudah mencapai lebih dari 61 persen.

Dia bilang program ini ditargetkan penyerapannya mencapai 100 persen pada akhir September.

"Saat ini penyerapannya sudah lebih dari 61 persen. Kita targetkan di bulan September penyerapannya capai 100 persen dan yang kita sasar itu ada 12 juta pengusaha mikro yang akan diberikan bantuan," ujarnya melalui kegiatan Pelatihan Peningkatan SDM KUMKM yang dilakukan melalui virtual, Senin (7/9/2020).

Baca juga: BLT UMKM Rp 2,4 Juta, Menteri Teten: Uangnya Diputar...

Dia membeberkan pada tahap I ada sebanyak 742.422 pengusaha mikro yang sudah menerima bantuan, lalu pada tahap II sebanyak 257.578, tahap III 838.444, tahap IV 1.076.703 dan pada tahap ke-V ada sebanyak 2.676.057.

Jika ditotal, jumlah pengusaha mikro yang sudah mendapatkan dana BLT dari tahap I hingga tahap V ada sebanyak 5.591.204 pengusaha mikro dengan nilai sebesar Rp 13,41 triliun.

"Kalau dilihat dari target, baru ada sebanyak 61 persen lebih yang sudah mendapatkan, dan kalau dilihat dari nilai anggaran sebanyak Rp 13,41 triliun lebih untuk tahap ini," ucapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu Teten juga menyebutkan ada kemungkinan bantuan ini akan diperpanjang. Sebab menurutnya ekonomi Indonesia masih terus melandai dan akan membutuhkan waktu yang lama proses pemulihannya.

Baca juga: Pencairan Dana BLT untuk UMKM Rp 2,4 Juta Tak Boleh Diwakilkan

Untuk itu pihaknya pun berencana program BLT ini diusulkan kembali dalam anggaran 2021, agar program BLT tersebut bisa dirasakan dan dimanfaatkan lebih banyak lagi para pengusaha mikro .

"Banpres mikro dan program restrukturisasi saya kira akan dilanjutkan dan Program Banpres Produktif Usaha Mikro akan diusulkan kembali dalam anggaran 2021," ungkapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X