PSBB Jakarta Diperketat, Menaker Sediakan Posko Aduan

Kompas.com - 11/09/2020, 10:40 WIB
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah memberikan arahan kepada jajaran Kepala Disnaker di Bandung, Jawa Barat, Minggu (9/8/2020). Dokumentasi Humas Kementerian KetenagakerjaanMenteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah memberikan arahan kepada jajaran Kepala Disnaker di Bandung, Jawa Barat, Minggu (9/8/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembatasan sosial berskala besar ( PSBB) di DKI Jakarta akan diberlakukan Senin (14/9/2020) depan.

Menteri Ketenagakerjaan ( Menaker) Ida Fauziyah pun telah menyiapkan posko untuk menerima laporan kasus terkait PSBB.

"Kementerian Ketenagakerjaan telah membuka Posko K3 Corona dan Portal Sistem Pelayanan K3 (Teman K3) yang dapat menjadi media informasi dan untuk memfasilitasi pengusaha, pekerja/buruh dalam melaporkan kasus-kasus terkait pelaksanaan PSBB maupun hal-hal lainnya dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 di tempat kerja," katanya kepada Kompas.com, Kamis (10/9/2020).

Baca juga: Jelang PSBB Total di Jakarta, PLN Pastikan Pasokan Listrik Aman

Di sisi lain, Kemnaker pun juga telah menyiapkan sejumlah regulasi yang harus dipatuhi oleh para perusahaan, industri, dan perkantoran.

"Kemnaker telah mengeluarkan berbagai kebijakan pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di tempat kerja. Surat Edaran (SE) Menaker No. M/3/HK.04/III/2020 tentang Pelindungan Pekerja/Buruh dan Kelangsungan Usaha Dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19," ujarnya.

Kemudian, SE Menaker Nomor M/7/AS.02.02/V/2020 tentang Rencana Keberlangsungan Usaha Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 dan Protokol Pencegahan Penularan Covid-19 di Perusahaan.

Hingga regulasi Kepdirjen Binwasnaker dan K3 Nomor 5/77/HM.01/VII/2020 Tentang Pedoman Penyusunan Perencanaan Keberlangsungan Usaha Dalam Menghadapi Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Bagi Usaha Kecil dan Menengah

Baca juga: PSBB Jakarta Diperketat, Pengusaha Hotel dan Restoran Minta Insentif Pajak

Selain itu, Kemnaker juga berupaya melakukan berbagai cara untuk mencegah penyebaran covid di perusahaan atau perkantoran melalui berbagai kegiatan promosi.

"Seperti promosi perilaku hidup bersih dan sehat di perusahaan. Penerapan hygiene dan sanitasi perusahaan. Pemeriksaan suhu tubuh pada pekerja dan tamu, physical distancing, penggunaan APD," ujar Ida.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X