Atasi Dampak Covid-19, Ditjen Fakir Miskin Kemensos Kelola Dana Rp 81 Triliun

Kompas.com - 14/09/2020, 18:36 WIB
Ilustrasi gaji, upah, rupiah ShutterstockIlustrasi gaji, upah, rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Ditjen Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial mencatat, hingga September 2020 telah mengelola anggaran Rp 81 triliun.

Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin (Dirjen PFM) Kementerian Sosial Asep Sasa Purnama mengungkapkan pada awal 2020, pihaknya hanya mendapat anggaran sebesar Rp 28 triliun. Namun pandemi Covid-19 membuat alokasi anggaran yang dikelola naik.

"Kami mendapatkan penambahan anggaran beberapa kali sehingga posisi akhir anggaran kami Rp 81 triliun. Tentu ini anggaran yang tidak sedikit," katanya dalam pemaparan rencana kerja dan anggaran (RKA) dengan Komisi VIII DPR RI secara virtual, Senin (14/9/2020).

Baca juga: Sri Mulyani Lapor ke DPR, Subsidi Gaji dan Bansos UMKM Berlanjut Tahun Depan

Sementara untuk realisasi anggaran penanganan fakir miskin per 13 September 2020, telah mencapai 71,28 persen.

Selanjutnya, realisasi anggaran khusus kantor pusat mencapai 71,31 persen, dekonsentrasi 41,71 persen. Sedangkan, bantuan sosialnya telah terealisasi sebesar 71,98 persen.

Sebelumnya, Menteri Sosial (Mensos), Juliari P Batubara menyampaikan bahwa penyerapan anggaran Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Kementerian Sosial telah mencapai 65,52 persen atau sekitar Rp 83,303 triliun dari Rp 127.146 triliun.

Pernyataan tersebut disampaikan ketika menghadiri Rapat Kerja Menteri Sosial dengan Komisi VIII RI mengenai Pembahasan RKA K/L Tahun Anggaran 2021 di Gedung Nusantara II DPR RI, 3 September lalu.

Dia mengatakan, saat ini, penyerapan program PEN di Kementerian Sosial kemungkinan paling tinggi diantara Kementerian lain.

"Ini semua bisa terlaksana akibat fungsi pengawasan dan dukungan dari rekan-rekan di Komisi VIII yang saya hormati," ujarnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X