IHSG Masih Dirundung Sentimen Negatif, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Kompas.com - 22/09/2020, 08:10 WIB
Ilustrasi IHSG KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGIlustrasi IHSG

JAKARTA, KOMPAS.com – Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG) hari ini diprediksi akan kembali merah. Kemarin, IHSG ditutup merosot 1,18 persen 4.999,36.

Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee mengatakan, IHSG berpotensi melemah terimbas sentimen negatif di pasar saham AS akibat koreksi pada saham-saham perbankan.

Koreksi tersebut akibat penemuan dokumen The Financial Crimes Enforcement Network (FinCEN) Files. FinCEN Files merupakan sebuah jaringan kejahatan keuangan di AS yang memungkinkan adanya bentuk transaksi illegal dalam bentuk dollar AS, yang dilakukan tidak hanya di AS, tapi juga ke negara lain.

“Kalau kita lihat, kemungkinan indeks hari ini akan tertekan turun, sentimen utama yang mempengaruhi pasar adalah penurunan saham perbankan akibat kekhawatiran akan aliran dana ilegal,” kata Hans kepada Kompas.com, Selasa (22/9/2020).

Baca juga: Heboh FinCEN Files, Bocoran Transaksi Kotor Bank-bank Besar Dunia

Hans bilang, penurunan saham perbankan terjadi menyusul perkiraan pasar akan kontribusi perbankan dama pengiriman dana ilegal. Adapun beberapa saham perbankan yang mengalami penurunan adalah saham Standart Charter, HSBC, JP Morgan, dan banyak lagi.

“Kemarin saham-saham perbankan turun menyusul diperkirakan mereka ini berkontribusi dalam pengiriman dana illegal. Seperti transfer dana yang dianggap money laundering, saham perbankan yang turun juga banyak,” tambah dia.

Hans mengatakan, transferan dana ilegal juga dikhawatirkan masuk ke Indonesia. Hal ini mengingat akan ada denda yang cukup besar dari otoritas. Hal inilah yang menyebabkan saham perbankan kemarin ditutup turun.

Di sisi lain, rencana beberapa negara memberlakukan kembali lockdown dinilai menjadi sentimen negatif pasar. Misalkan saja Spanyol dan Inggris yang berecana melakukan langkah lockdown meyusul peningkatan jumlah kasus Covid-19 di negara tersebut.

Hans memproyeksikan IHSG akan bergerak pada level support 4.900 sampai dengan 4.878 dan resistance pada level 5.072 sampai dengan 5.187.

Berikut rekomendasi saham dari tiga perusahaan sekuritas untuk perdagangan di Bursa Efek Indonesia hari ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X