Resesi Kian Dekat, Simak Petuah Warren Buffett soal Investasi di Masa Sulit

Kompas.com - 23/09/2020, 08:30 WIB
Ilustrasi investasi Dok. SHUTTERSTOCK/LOOKERSTUDIOIlustrasi investasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia harus bersiap menghadapi resesi. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengisyaratkan kalau perekonomian Indonesia akan masuk jurang resesi pada kuartal III-2020.

Secara teknikal, resesi perekonomian bisa terjadi kalau pertumbuhan ekonomi dalam dua kuartal berturut-turut mengalami pertumbuhan negatif secara tahunan.

"Di kuartal III-2020 masih mengalami negative growth, bahkan di kuartal IV-2020 masih dalam zona sedikit di bawah netral," ujar Sri Mulyani dalam Rapat dengan Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Rabu (2/9/2020) seperti yang dikutip Kontan.

Pastinya, banyak investor yang cemas untuk masuk ke pasar saham dalam kondisi sekarang. Akan tetapi, Anda mungkin juga membuat kesalahan besar karena resesi adalah waktu yang tepat untuk berinvestasi.

Baca juga: Sri Mulyani Proyeksi Ekonomi Kuartal III Minus 2,9 Persen, Siap-siap Resesi

Warren Buffett banyak berbicara tentang berinvestasi di masa-masa sulit. Berikut adalah sejumlah nasihat yang bisa Anda simak seperti yang dirangkum dari The Motley Fool.

1. Ketakutan yang meluas adalah teman Anda sebagai investor, karena hal itu menawarkan pembelian barang dengan harga murah

Banyak investor yang cemas saat pasar saham anjlok dan belum mencapai titik terendahnya. Jika Anda salah satu dari mereka, jangan biarkan rasa takut mencegah Anda untuk masuk ke pasar saham.

Seperti yang dijelaskan Buffett, ketika kebanyakan orang takut, ini adalah kesempatan bagus untuk membeli saham dengan harga murah. Siapa yang tidak ingin membeli saham dengan harga rendah dan menjual dengan harga tinggi?.

2. Peluang terbaik untuk mengerahkan modal adalah ketika segalanya sedang turun

Saat market mengalami crash lagi, Anda mungkin tergoda untuk mengamati dan menunggu sampai masa-masa buruk berlalu. Alih-alih, perhatikan nasihat Buffett tentang peluang untuk berinvestasi pada downswing dan ambil kesempatan untuk mendapatkan uang Anda untuk mendapatkan diskon yang lebih dalam.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Resesi dan Bedanya dengan Depresi Ekonomi

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X