BI: 94 Persen UMKM Sudah Adopsi QRIS

Kompas.com - 07/10/2020, 14:37 WIB
Ilustrasi QR code SHUTTERSTOCK/BloomiconIlustrasi QR code

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, sudah ada sekitar 3,6 juta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) atau 94 persen dari total merchant telah menggunakan QRIS (QR Code Indonesian Standard).

Mereka memilih QRIS sebagai kanal pembayaran digital yang cepat, mudah, murah, dan andal.

"Realisasi penggunaan QRIS ini sebagai hasil langkah BI bekerjasama dengan K/L terkait dan industri dalam mendukung implementasi akselerasi digital UMKM, khususnya di masa pandemi saat ini," Kata Perry dalam siaran pers, Rabu (7/10/2020).

Baca juga: Pembebasan Biaya Transaksi QRIS Diperpanjang hingga Akhir 2020

Perry menerangkan, BI terus mendorong UMKM melalui program onboarding UMKM, guna mendukung transformasi digital UMKM.

"Program onboarding didukung pengembangan ekosistem digital dan meningkatkan akses pembiayaan melalui Sistem Informasi Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan (SI-APIK)," paparnya.

Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah menambahkan, pemerintah akan sepenuhnya mendukung peningkatan produktivitas UMKM di era transformasi digital.

"Selain mendukung UMKM yang menyerap tenaga kerja, transformasi digital juga menjadi peluang dalam membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat Indonesia," pungkas Ida.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X