Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/06/2020, 12:22 WIB
Elsa Catriana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan pandemi Covid-19  bukan menjadi alasan bagi pelaku UMKM untuk menjadi lemah.

Namun, lebih dari itu, kondisi pandemi harus bisa membuat pelaku usaha lebih kuat.

Ia menyebut dengan adanya pandemi ini seharusnya bisa menjadi momen untuk bangkit dengan cara mencari cara-cara baru serta model-model bisnis baru agar tetap terus berkembang.

Baca juga: BI Gencarkan Penggunaan QRIS, Bagaimana Nasib Uang Tunai Nantinya?

"Untuk itu, kita didorong terus untuk lebih kreatif lagi serta memiliki inovasi-inovasi yang baru. Dengan begitu kita bisa memiliki cara dan tahu bagaimana langkah kita selanjutnya dalam mengembangkan bisnis kita," ujarnya dalam press conference secara virtual, Rabu (24/6/2020).

Adapun salah satu cara yang dapat dilakukan kata Perry yaitu melakukan digitalisasi. Menurutnya  digitalisasi bisa membuat pekerjaan lebih mudah dan efisien.

"Begitupun dengan keuangan, kita sudah sepakat dari BI dan perbankan lainnya untuk membangun ekosistem dan keuangan digital," katanya.

Salah satunya yaitu BI mendorong para pelaku UMKM untuk melakukan transaksi pembayaran secara digital menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Baca juga: Ini Manfaat Penggunaan QRIS Bagi Pedagang

Perry menyebut pihaknya beserta perbankan lainnya akan membawa semua pelaku UMKM yang selama ini masih informal untuk tersambung ke dunia digital baik melalui fintech, perbankan dan lainnya.

"Kita akan mendorong pasar-pasar tradisional, para petani, nelayan dan UMKM untuk melakukan digitalisasi pembayaran QRIS. Kita dorong mereka bukan hanya untuk memperbaiki inklusi keuangannya tapi juga inklusi ekonomi kita," jelasnya.

Sementara itu, Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia Filaningsih Hendarta mengatakan, saat ini pertumbuhan jumlah UMKM yang sudah menggunakan metode pembayaran QRIS menunjukkan peningkatan.

Ia menyebut ada 87 persen pelaku UMKM yang sudah melakukan metode pembayaran QRIS.

"Kalau kita lihat peningkatannya dari bulan Maret sampai Juni, UMKM yang menggunakan QRIS ada 119 persen dan donasi-donasi sosial yang juga melakukan hal yang sama 119 persen," jelas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com