Jakarta Kembali PSBB Transisi, Menaker: Secara Ekonomi Ini Lebih Baik

Kompas.com - 13/10/2020, 13:46 WIB
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, di Jakarta, Selasa (4/8/2020). Dokumentasi Humas Kementerian KetenagakerjaanMenteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, di Jakarta, Selasa (4/8/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menilai perekonomian akan berangsur pulih seiring penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi di Jakarta.

Hal tersebut diyakini akan diikuti dengan terciptanya pekerja yang produktif, lapangan pekerjaan hingga daya beli beli masyarakat yang kembali normal.

"Secara ekonomi, tentu hal ini lebih baik jika dibandingkan dengan masyarakat berdiam diri di rumah," ujarnya memberikan sambutan dalam webinar virtual Nasional Program Promotif dan Preventif BPJS Ketenagakerjaan, Selasa (13/10/2020).

Meski begitu, Menaker mengingatkan perusahaan atau tempat-tempat usaha tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga: Frekuensi Penerbangan Masih Rendah, Pasokan Avtur Aman?

Kemenaker sudah mengeluarkan surat edaran tentang rencana keberlangsungan usaha dalam menghadapi pandemi Covid-19 dan protokol pencegahan penularan Covid-19 di perusahaan.

Kebijakan ini bertujuan untuk memberikan perlindungan kepada tenaga kerja dan keberlangsungan usaha pada era adaptasi kebiasaan baru.

"Melalui kebijakan ini, perusahaan diminta untuk menyusun perencanaan keberlangsungan usaha dalam menghadapi pandemi dan juga memastikan pelaksanaan protokol kesehatan dalam pelaksanaan kegiatan usaha," kata dia.

Menaker mengatakan, perkembangan wabah Covid-19 di Indonesia memang telah memukul perekonomian yang pada akhirnya juga berdampak pada sektor ketenagakerjaan.

Baca juga: Jadi Bank Survivor Pasca Merger, Saham BRIS Melesat

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X