Stimulus AS dan Vaksin Covid-19 Bayangi IHSG, Cek Rekomendasi Saham Hari Ini

Kompas.com - 26/10/2020, 08:07 WIB
Ilustrasi IHSG KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGIlustrasi IHSG

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang diperdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) diproyeksikan akan bergerak mixed pada Senin (26/10/2020). Sebelumnya IHSG ditutup positif dengan kenaikan 0,4 persen pada level 5.112,18.

Analis Sucor Sekuritas Hendriko Gani mengatakan, IHSG hari ini berpeluang bergerak mixed. Dia bilang, sentimen global terkait dengan paket stimulus AS dan pendistribusian vaksin Covid-19 akan membayangi pergerakan indeks di awal pekan.

“IHSG awal pekan berpotensi bergerak mixed dan minim sentimen. Sentimen dari global yang berpotensi mempengaruhi pergerakan IHSG dari paket stimulus AS, ddan perkembangan Covid-19 di seluruh dunia,” kata Hendriko kepada Kompas.com, Minggu (25/10/2020).

Baca juga: IHSG Pekan Depan DIprediksi Menguat, Ini Faktor Pendukungnya

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump dan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mendukung paket stimulus ekonomi dan penanganan pandemi Covid-19. Namun, mereka akan melakukan itu jika Ketua DPR AS Nancy Pelosi mau bernegosiasi untuk kesepakatan final. Sayangnya, Nancy Pelosi tampaknya tidak ingin mencapai kesepakatan sebelum pemilu AS.

Faktor internal, rencana pendistribusian vaksin Covid-19 yang molor menjadi sentimen negatif untuk pergerakan indeks hari ini. Mundurnya jadwal vaksinasi karena butuh waktu bagi BPOM untuk bisa mengeluarkan Emergency Use Authorization.

“Cenderung minim sentimen, mengingat minggu depan merupakan minggu pendek karena rabu hingga jumat ada long weekend. Perkembangan distribusi vaksin covid juga mundur dari yang seharusnya,” jelas dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, Analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji Gusta Utama mengatakan, sentimen penggerak IHSG awal pekan adalah euphoria Undang-undang Omnibus Law dan kinerja korporasi pada kuartal III yang menunjukkan tanda pemulihan.

“Awal pekan, sentimennya adalah euforia pengesahan omnibus law, erkembangan penelitian vaksin, dan juga kinerja laporan keuangan kuartal III yang mengalami pertumbuhan positif di tengah-tengah pandemi Covid-19. Ini menambah optimisme pemerintah terkait recovery perekonomian Indonesia,” tambah Nafan.

Hendriko memproyeksikan IHSG berpotensi bergerak mixed pada level 5.112 hingga 5.114 dengan level support di 5.064.

Baca juga: Merger Bank Syariah BUMN, Mandiri Jadi Pemegang Saham Terbesar

Berikut rekomendasi teknikal dari tiga perusahaan sekuritas untuk perdagangan di Bursa Efek Indonesia hari ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X