Fresh Graduate, Buang Jauh-jauh Sikap Jelek Ini Saat Melamar Kerja

Kompas.com - 31/10/2020, 18:00 WIB
Ilustrasi COSMOPOLITAN.CO.UKIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Harapan terbesar bagi seorang fresh graduate atau yang baru lulus kuliah adalah mendapat pekerjaan. Tetapi faktanya, susah mencari pekerjaan sekarang ini.

Apalagi di masa pandemi. Perusahaan yang membuka lowongan kerja bisa dihitung pakai jari.

Sebab, kondisi ekonomi sedang susah, malah terancam resesi. Tidak melakukan PHK karyawan saja sudah bersyukur.

Baca juga: Mau Melamar Kerja? Simak 3 Tips Ini agar Peluang Diterima Lebih Besar

Fresh graduate awalnya semangat menebar lamaran. Mendatangi panggilan wawancara kerja dari satu perusahaan ke perusahaan lain. Namun selalu berakhir dengan kegagalan di tengah jalan.

Bahkan ada yang sama sekali tidak juga mendapat panggilan kerja. Hingga pada satu titik, putus asa. Hopeless bahwa dirinya bisa bekerja. Dan pasrah kalau sampai jadi pengangguran abadi.

Dalam situasi seperti itu, seharusnya kamu introspeksi diri. Perlu diketahui, susahnya seorang fresh graduate memperoleh pekerjaan bukan melulu karena keahlian dan kompetensi kurang memadai, tapi juga bisa disebabkan lantaran sifat atau sikap jelek yang sudah mendarah daging atau jadi kebiasaan.

Apa saja sikap jelek tersebut? Berikut ulasannya, seperti dikutip dari Cermati.com, Sabtu (31/10/2020).

1. Gampang menyerah

Sudah tahu mencari atau mendapatkan kerja sulit, makanya jangan mudah menyerah. Kamu harus punya semangat, tekad kuat, dan kegigihan untuk terus berjuang sampai ‘tetes darah penghabisan.’

Bila ditolak satu perusahaan, berusaha lagi di perusahaan lain sampai berhasil mendapat pekerjaan. Seperti ada kalimat mengatakan, ‘masih banyak ikan di lautan.’ Kalimat ini tidak hanya berlaku pada kasus percintaan saja, pekerjaan pun bisa.

Baca juga: Mau Melamar Kerja di Era WFH? Ini Keterampilan yang Perlu Kamu Kuasai

Yakinlah bahwa tidak ada usaha yang sia-sia. Kamu akan memetik hasil dari perjuangan panjangmu melamar pekerjaan. Siapa tahu sekalinya diterima kerja, di perusahaan ternama dengan gaji besar.

2. Malas tingkat dewa

Jangan bawa sikap malasmu dalam dunia kerja. Termasuk untuk urusan mencari pekerjaan. Buang jauh-jauh rasa malas tersebut agar kamu menjadi orang sukses.

Malas untuk mengirim lamaran kerja, malas memenuhi panggilan kerja, atau malas lainnya. Kamu hanya membuang peluang atau kesempatan yang datang.

Sikap malas hanya akan membawamu pada kesusahan dan penderitaan. Dalam hal ini, akan membuatmu jadi pengangguran abadi dan dicap manusia tidak berguna.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X