LPEI Sebut 2.200 Mitra Binaannya Siap Melakukan Ekspor

Kompas.com - 19/11/2020, 21:16 WIB
Ilustrasi ekspor dan impor. SHUTTERSTOCKIlustrasi ekspor dan impor.
Penulis Yoga Sukmana
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia ( LPEI) atau Indonesia Eximbank menyatakan sebanyak 2.200 mitra binaannya siap melakukan ekspor.

Hal tersebut disampaikan Direktur Eksekutif LPEI Daniel James Rompas, saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi XI DPR RI Rabu (18/11/2020).

"Pembiayaan ekspor yang disalurkan adalah Rp 92 triliun (hingga Oktober 2020)," ujar James dalam siaran pers LPEI, Jakarta, Kamis (19/11/2020).

Selain pembiayaan, LPEI juga telah menyalurkan penjaminan senilai Rp 9,4 Triliun dan Asuransi senilai Rp 9,3 Triliun.

Baca juga: Menaker Ida Paparkan Peran Satgas PPMI dalam Melindungi Pekerja Migran

LPEI mendapatkan penugasan dari pemerintah dalam rangka program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Program tersebut melibatkan UKM dan korporasi yaitu Penugasan Khusus Ekspor (PKE), Pembiayaan UKM berorientasi ekspor senilai Rp 500 miliar dan Program Penjaminan Pemerintah untuk korporasi dengan nilai penjaminan Rp 100 Triliun.

Dengan penugasan tersebut, pemerintah mengusulkan alokasi PMN senilai Rp 5 Triliun di Tahun Anggaran 2021. PMN ini terdiri dari Rp2,5 Triliun untuk Penugasan Umum dan Rp2,5 Triliun untuk Penugasan Khusus.

" Kami akan memanfaatkan secara maksimal PMN senilai Rp 5 T dalam menjalankan mandatnya melalui Pembiayaan, Penjaminan, Asuransi, dan Jasa Konsultasi khususnya yang berorientasi ekspor,” ucap James.

Baca juga: Menaker Ida Paparkan Peran Satgas PPMI dalam Melindungi Pekerja Migran



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X