[POPULER MONEY] Cara Klaim Token Listrik Gratis | UMKM Menjadi Badan Usaha

Kompas.com - 04/12/2020, 06:00 WIB
Ilustrasi PixabyIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah kembali memberikan stimulus berupa token gratis untuk pelanggan PLN dengan daya 450 VA dan 900 VA.

Berita mengenai token gratis ini menjadi terpopuler sepanjang hari kemarin, Kamis (3/12/2020). Sementara itu berita lain yang juga terpopuler adalah mengenai status usaha yang cocok untuk pelaku UMKM.

Berikut adalah daftar berita terpopuler sepenuhnya:

1. Sudah Klam Token Listrik Gratis Desember? Simak Cara Dapatnya

Stimulus listrik berupa token gratis bagi pelanggan Rumah Tangga dengan daya 450 VA, 900 VA bersubsidi, dan Sosial dan Bisnis Kecil 450 VA untuk periode Desember 2020 sudah bisa diklaim.

Berdasarkan unggahan PT PLN (Persero) melalui akun Instagram @pln_id, secara lebih detail, masyarakat yang bisa mendapatkan keringanan adalah pelanggan dengan klasifikasi tertentu.

Adapun cara mengklaim token listrik tersebut bisa dibaca di sini.

2. Pelaku UMKM Lebih Cocok Menjadi Badan Usaha Perseorangan atau PT?

Ketika ingin membuka usaha, hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih jenis badan usaha.

Badan usaha bermacam-macam jenisnya, mulai dari perusahaan perseorangan, perseroan terbatas, firma, hingga CV. Lalu, untuk masyarakat yang ingin membuka usaha berskala UMKM, bentuk usaha apa yang cocok diterapkan?

Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) M Ikhsan Ingratubun mengatakan, pemilihan badan usaha tergantung pada skala bisnisnya. Selengkapnya silakan baca di sini.

3. IHSG Berpotensi Menguat karena Window Dressing

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksikan akan bergerak menguat pada Kamis (3/12/2020). Sebelumnya, IHSG ditutup positif dengan kenaikan 1,56 persen pada level 5.813,98.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X