Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER MONEY] Cara Klaim Token Listrik Gratis | UMKM Menjadi Badan Usaha

Kompas.com - 04/12/2020, 06:00 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah kembali memberikan stimulus berupa token gratis untuk pelanggan PLN dengan daya 450 VA dan 900 VA.

Berita mengenai token gratis ini menjadi terpopuler sepanjang hari kemarin, Kamis (3/12/2020). Sementara itu berita lain yang juga terpopuler adalah mengenai status usaha yang cocok untuk pelaku UMKM.

Berikut adalah daftar berita terpopuler sepenuhnya:

1. Sudah Klam Token Listrik Gratis Desember? Simak Cara Dapatnya

Stimulus listrik berupa token gratis bagi pelanggan Rumah Tangga dengan daya 450 VA, 900 VA bersubsidi, dan Sosial dan Bisnis Kecil 450 VA untuk periode Desember 2020 sudah bisa diklaim.

Berdasarkan unggahan PT PLN (Persero) melalui akun Instagram @pln_id, secara lebih detail, masyarakat yang bisa mendapatkan keringanan adalah pelanggan dengan klasifikasi tertentu.

Adapun cara mengklaim token listrik tersebut bisa dibaca di sini.

2. Pelaku UMKM Lebih Cocok Menjadi Badan Usaha Perseorangan atau PT?

Ketika ingin membuka usaha, hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih jenis badan usaha.

Badan usaha bermacam-macam jenisnya, mulai dari perusahaan perseorangan, perseroan terbatas, firma, hingga CV. Lalu, untuk masyarakat yang ingin membuka usaha berskala UMKM, bentuk usaha apa yang cocok diterapkan?

Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) M Ikhsan Ingratubun mengatakan, pemilihan badan usaha tergantung pada skala bisnisnya. Selengkapnya silakan baca di sini.

3. IHSG Berpotensi Menguat karena Window Dressing

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksikan akan bergerak menguat pada Kamis (3/12/2020). Sebelumnya, IHSG ditutup positif dengan kenaikan 1,56 persen pada level 5.813,98.

Analis Artha Sekuritas Dennis Christopher mengatakan, IHSG masih dalam tren bullish yang kuat menjelang akhir tahun yang didorong oleh window dressing.

Window dressing merupakan upaya yang dilakukan perusahaan ataupun manajer investasi dengan mempercantik portofoliio untuk menarik investor. Selengkapnya silakan baca di sini.

4. Rincian Terbaru Harga Emas Batangan 0,5 Gram hingga 1 Kg di Pegadaian

Harga emas batangan Antam pecahan 2 gram di PT Pegadaian (Persero) pada Kamis (3/12/2020), dibanderol seharga Rp 1.921.000.

Mengutip data perdagangan harga emas 24 karat di Pegadaian, harga emas batangan Antam pengalami kenaikan signifikan dibandingkan kemarin. Pegadaian tidak merilis harga emas batangan Antam untuk pecahan 0,5 gram dan 1 gram.

Sementara itu, harga emas batangan yang dirilis PT Untung Bersama Sejahtera (UBS) pecahan 1 gram dijual seharga 951.000. Lalu, pecahan 0,5 gram dijual seharga Rp 514.000 dan pecahan 2 gram seharga Rp 1.921.000. Selengkapnya silakan baca di sini.

5. CEO JP Morgan: Ciri-ciri Orang Sukses Bukan yang Terpintar dan Pekerja Keras

Chairman dan CEO JP Morgan Chase, Jamie Dimon, berbagai pengalamannya tentang kesuksesan dan kepemimpinan. Dimon mengatakan, pemimpin sukses memiliki ciri-ciri utama tertentu.

Menurutnya, pemimpin yang sukses itu memiliki kerendahan hati, sifat keterbukaan, adil dan menjadi otentik.

Para pemimpin yang paling sukses itu, lanjutnya, bukan orang terpintar di suatu perusahaan atau orang yang bekerja paling keras. Selengkapnya silakan baca di sini.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com